Lokasi dan Rute Menuju Curug Panganten Cisarua Bandung

shares |

Lokasi Curug Penganten - Curug penganten ialah tempat wisata di Pangalengan Kabupaten Bandung yang menyuguhkan eksotisme wisata alam daerah pegunungan yang masih alami. Air terjun ini berada pada ketinggian kurang lebih 1050 mdpl. Curug Panganten untuk ketinggiannya mencapai ± 50 m. Curug Panganten ini juga punya keunikan yaitu pemandangan alamnya yang indah. Wisata alam yang indah ini berada di lembah yang hijau dan menyejukan. Curug Panganten ini punya dua aliran air terjun yang saling berdampingan, air terjun utama yaitu yang punya ukuran lebih besar dan deras. Kemudian satu lagi yang berada di sebelahnya memiliki ukuran yang lebih kecil.




Lokasi Curug Penganten


Curug Panganten termasuk tempat wisata air terjun yang lokasinya di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lebih tepatnya berlokasi pada areal Perkebunan Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Selama ini untuk warga pangalengan serta masyarakat di wilayah bandung Curug ini sudah terkenal sebagai tempat wisata murah di Bandung. Maka dari itu, setiap libur akhir pekan terlebih lagi pada waktu musim liburan tiba, pasti banyak warga yang sengaja berkunjung ke sini untuk berwisata.

Rute Menuju Curug Panganten Cisarua Bandung



Rutenya bisa dibillang mudah untuk bisa tiba di Curug Panganten yang berada di daerah Cisarua Bandung ini.  Acuan yang paling mudah yaitu dengan mengunjungi kawasan Cisarua. Curug Panganten ini berjarak kurang lebih ± 7 Km dari Kota Cimahi dengan mengambil arah ke Parongpong. Curug Panganten ini  letaknya dekat dengan sebuah perumahan serta Wisata Alam Katumiri Parongpong. Akses jalan untuk menuju Curug Panganten dari Wisata Alam Katumiri ini jaraknya kurang lebih sekitar 2 Km, dengan sebelumnya menyusuri jalan setapak dan melewati perkebunan warga.

Daya Tarik Curug Penganten


Tak hanya memiliki bentuk yang unik sebagai sebuah air terjun, curug panganten ini juga menawarkan panorama pemdangan alam yang begitu indah. Pada saat memasuki menuju tempat wisata ini dari lokasi parkir, maka kita disuguhi alam khas pedesaan yang tenang dan indah. Setelah itu kita akan menyusuri dulu areal perkebunan yang  masih milik masyarakat sekitar. Setelah itu, selanjutnya menyusuri kawasan hutan tropis yang rimbun dan udaranya sejuk, tercurahlah air terjun yang tampak seperti berdiri berdampingan di depan tebing batu. Memang tampak seperti sepasang pengantin di kursi pelaminannya. Pada saat anda berada di lokasi, butiran uap air yang melayang di udara dan suara gemuruh jatuhan air terjun akan menjadikan kita semakin terasa segar.

Fasilitas Curug Panganten Cisarua Bandung


Memang lain halnya dengan Curug Pelangi atau Curug Cimahi, Curug Panganten ini minim fasilitas dan belum dikelola secara baik oleh pemerintah negeri maupun oleh pemerintah swasta. Sarana dan prasarana yang tersedia pun juga terkesan tak terawat serta sudah rusak. Pada kawasan Curug Panganten ini tak terdapat fasilitas apapun termasuk toilet dan saung. Jika anda hendak pergi ke toilet, maka anda dapat memakainya di Wisata Alam Katumiri yang berada cukup jauh dari Curug Panganten ini.

Tiket Masuk Curug Panganten Cisarua Bandung


Untuk dapat menikmati semua keindahan alam yang terdapat pada kawasan Curug Panganten ini, anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 5.000 rupiah/orang. Tapi untuk anda yang masuk melalui pintu masuk kawasan Wisata Alam Katumiri, maka kamu harus merogoh kocek lagi sebesar 6.000 rupiah/orang untuk tiket masuk tersebut. Untuk tiket tersebut belum termasuk tiket parkir kendaraan yang anda gunakan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar