Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air terjun Tama’lulua Paling Ngehits

shares |

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air terjun Tama’lulua - Di Jeneponto, Sulawesi Selatan terdapat satu air terjun yang memang begitu istimewa. Wisata tersebut bernama Tama'Lulua atau disebut juga Air Terjun Bossolo. Pemandangannya sangat indah. Pernah ada yang memosting di salah satu akun Instagram jalan-jalan yang menampilkan foto air terjun yang sangat bagus di Jeneponto.




Memang tak bisa dipungkiri, dengan semakin mudahnya mengakses internet dan semakin besarnya pengaruh sosial media yang akan membuat semakin mudahnya penyebaran informasi. Kita akan sangat mudah mengetahui lokasi wisata yang sedang hits atau memang menampilkan pemandangan yang bagus, hanya dengan membuka media sosial seperti Instagram, Facebook maupun lainnya.

Dan untuk wisata yang wisata Air terjun Tama’lulua. Air terjun Tama’lulua kini mejadi salah satu air terjun yang paling ngehits di Sulawesi khususnya di Sulawesi Selatan. Air Terjun Tama’lulua memang baru terekspose beberapa taun terakhir setelah beberapa selebgram mengunggah foto kerenya di Air Terjun Tama’lulua ke akun Instagram mereka.

Lokasi  Air terjun Tama’lulua


Wisata air terjun ini lokasinya berada  di Desa Ramba Kecamatan Rumbia, Kab. Jenepoonto. Jarak perjalanan yang harus di lewati sebuah kota Binamu, yaitu ibukota Kab. Jeneponto  kurang lebih sekitar 30 kilometer. Dapat di tempuh dengan menaiki motor atau menggunakan mobil, setelah sampai Desa Ramba dekat dengan masjid kalian belok ke kiri.

Air terjun Tama’ Lulua adalah sebuah air terjun yang punya tebing sangat tinggi, selain itu air yang di alirkan cukup deras, airnya juga sangat jernih alami segar. Akses jalan ke Air terjun Tama’ Lulua memang belum begitu bagus, jadi memang harus menyiapkan tenaga anda dulu untuk menuju ke sana. Saat ini Air terjun Tama’ Lulua belum di kelola dengan baik, jadi masih benar-benar natural alami di kelola masyarakat sekitar.

Rute  Air terjun Tama’lulua


Jarak tempuh menuju Air terjun Tama’lulua tidaklah mudah. Dari kota Makassar ke kota Jeneponto memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan darat. Rute menuju kabupaten Jeneponto adalah Makassar – Kabupaten Gowa – Takalar-barulah tiba di Jeneponto. Dari kota Jeneponto kita akan bertemu dengan patung kuda besar, lalu ambil ke-kiri dan masuk ke Jalan Kelara. Dari jalan Kelara kamu memerlukan waktu kurang lebih sekitar 30 menit untuk sampai ke desa Rumbia. Desa Rumbia merupakan desa terakhir sebelum kita menuju Air Terjun Tama’lulua.

Daya Tarik  Air Terjun Tama’lulua


Lokasi Air Terjun Tama’lulua yang berada diperbukitan dengan hutan lebat dan jalur treking menanjak membuat kita seperti berada dialam bebas yang masih sangat alami. Bahkan dari kejauhanpun kita sudah bisa melihat dan mneyaksiskan sendiri betapa indahnya Air Terjun Tama’lulua dengan aliran airnya yang cukup deras. Tak jauh dari Air Terjun Tama’lulua, kita juga bisa melihat sebuah gua yang diberi nama Goa Bassolo.

Di balik keindahan Air Terjun Tama’lulua, ternyata objek wisata ini kurang diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Jeneponto. Gara-gara hal tersebut, kepala desa dan masyarakatlah yang gotong-royong membangun fasilitas kawasan ini. Bahkan karena keterbatasan dana, kabarnya kepala desa rela menjual seunit mobilnya untuk pembangunan jalan demi untuk kenyamanan pengunjung. Oleh sebab itu, untuk pemeliharaan dan kelanjutan pembangunan jalan, pihak desa dan warga menerapkan tiket masuk.

Harga Tiket Masuk  Air terjun Tama’lulua


Harga tiket masuk Air terjun Tama’ Lulua memang dirasa cukup murah sekali anda hanya harus membayar Rp 2000 saja. Di lokasi wisata juga sudah tersedia tempat parkir, atau kalian juga bisa memaparkirkan kendaraan anda di rumah warga sekitar yang dekat dengan lokasi wisata ini.

Penjual makanan juga sudah lumanyan banyak jadi kalian tidak perlu khawati lapar saat berada di sana. Sebaiknya anda juga harus lebih berhati-hati, karena perjalanan ke Air Terjun Tama’lulua berbukit, terjal, serta memiliki sudut kemiringan sekitar 45 derajat.Gunakan sepatu yang nyaman karena perjalanan  menuju Air Terjun Tama’lulua cukup berat.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar