Lokasi dan Rute Ayunan Langit Watu Jaran Purwosari Paling Hits

shares |

Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran Purwosari – Saat ini di berbagai daerah banyak sekali tempat wisata baru yang memiliki spot spot yang kekinian. Terkadang antara wisata satu dan wisata yang lainnya memiliki spot yang bisa dikatakan mirip.  Sebab jika ada spot wisata yang sedang hits, nantinya di tempat lain juga akan meniru gayanya dan membuat spot yang mirip.




Hal tersebut dapat kita lihat pada tempat wisata dengan spot Rumah Hobbit. Sejak wisata rumah hobbit sukses di Lembang, kemudian muncul di Malang, bantul dan Sleman. Bahkan saat ini yang belum lama diluncurkan ada wisata Rumah Hobbit di Tulungagung. Wisata tersebut bahkan baru diluncurkan bulan Desember kemarin. Dengan adanya spot wisata yang mirip menjadikan para wisatawan bisa memilih tempat wisata yang dekat dan tidak harus jauh jauh pergi untuk mendapatkan spot foto di tempat wisata khusus.

Salah satu tempat wisata baru yang saat ini sedang hits di Jogja yaitu Ayunan Langit Watu Jaran. Spot Ayunan Langit ini mengadopsi ayunan yang ada di Lembang bandung atau di yang ada di Bukit Bulu Malang Jawa Timur. Tak hanya menyajikan pemandangan alam khas dari pegunungan. Keunggulan dari spot Ayunan Langit ini pastinya merupakan wisata ekstrim yang mana ayunannya memang cukup menantang adrenalin.

Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran



Lokasi spot baru berupa ayunan di ketinggian bukit ini letaknya di Desa Wisata Purwosari Kecamatan Girimulyo kabupaten Kulon Progo. Letaknya sekitar 30 km dari pusat kota Jogja yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat dengan memakai kendaraan roda dua serta roda empat. Lokasi Ayunan Langit juga tidak dari Kebun Tebu Gendu.

Daya Tarik Ayunan Langit Watu Jaran


Ayunan Langit ini tidak termasuk spot satu satunya yang ada di Desa Purwosari, akan tetapi  hanya spot baru yang dipakai untuk menambah spot yang ada sehingga menarik para pengunjung. Di lokasi ini terdapat air terjun, akan tetapi letaknya berada di bagian bawah. Kemudian ada juga Goa Kidang kencana yang telah cukup dikenal, dan ada juga gardu pandang Watu Jaran. Keindahan di lokasi ini yaitu berupa pemandangan hamparan perbukitan hijau dengan sawah serta sungai di lembahnya.

Sebab ini merupakan pertama di Jogja, adanya ayunan langit pun langsung viral di instagram. Spot ayunan langit ini pastinya mampu menjadi magnet kuat untuk mendatangkan para pengunjung. Para pengunjung juga bisa menyaksikan pemandangan hijau khas pegunungan yang menyegarkan mata.

Namun tidak semua orang berani berfoto diatas ayunan tersebut,  sebab tampak ekstrim serta tampak menantang adrenalin. Ini disebabkan lokasi ayunan langit di kulon progo ini letaknyadi tepi jurang. Jadi sesuai dengan namanya, orang yang berada di ayunan seakan akan sedang berayun turun dari langit.  Sebab tidak ada pepohonan dikanan kirinya. Pada bagian bawahnya berupa lembah yang luas. Tinggi dari ayunan sendiri adalah sekitar 20 meter.

Rute Ayunan Langit Watu Jaran


Guna menuju ke Spot ayunan langit, apabila dari arah Kota Jogja cukup mengikuti jalur ke Goa Kiskendo. Apabila belum mengetahui silakan menuju ke arah Jalan godean, lurus ke arah barat terus sampai melewati Kenteng. Kemudian lurus ambil Jalan Kali gesing ikuti terus jalan utamanya. Sesudah di Goa Kiskendo lurus sedikit ke barat selanjutnya ada pertigaan ambil jalan arah kanan arah ke Goa Kidang Kencana. Sesudah sampai di area Goa Kidang Kencono maka sudah ada plang penunjuk menuju ke Ayunan Langit ini.

Harga Tiket Masuk Ayunan Langit


Untuk bisa merasakan sensasi berayun langsung dari langit ini para wisatawan harus merogoh kocek yang sedikit lebih mahal dibandingkan wisata alam yang lainnya. Pengunjung harus membayar tiket masuk ayunan langit sebesar 30 ribu per orang dan Rp. 2.000 per motor. Harga Tiket Masuk Rp. 30.000 ini sudah termasuk dengan biaya tiket ayunan langit ini, dan wahana lainnya termasuk caving pada Goa Kidang Kencana.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar