Lokasi dan Rute Bukit Pandang Santa Mulya Kayen Pati Jawa Tengah

shares |

Pati jawa Tengah termasuk wilayah yang juga mempunyai potensi wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata di Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang saat ini lagi ngehits dan populer adalah Puncak Bukit Pandang Ki Santamulya. Bukit Pandang merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Pati yang saat ini dijadikan destinasi wisata baru di Pati selatan ternyata menyimpan nilai sejarah pada zaman Kerajaan Angling Darma. Bukit tertinggi di desa tersebut menjadi saksi bisu kerinduan Ki Santa Mulya, menantu Maesura, guru Angling Darma.




Lokasi Bukit Pandang Santa Mulya 


Wisata yang berupa bukit pandang dengan view yang menarik ini lokasinya terletak di Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Pati Jawa Tengah.

Rute Bukit Pandang Santa Mulya


Spot keindahan alami bukit Pandang Santa Mulya Kayen ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, cukup mudah dan dekat akses jalannya​ bisa ditempuh dari alun alun Kayen 15 menit ke arah lokasi tepatnya di desa Duren Sawit Kecamatan Kayen Kabupaten Pati ini. Arah menuju lokasi Bukit Pandang sangat mudah. Cobalah cari Alun-alun Kayen atau RSUD Kayen, belok ke kiri lurus lalu kanan, lurus sampai ada pertigaan dan papan petunjuk Desa Durensawit. Ikuti saja, nanti di pinggiran jalan pasti ada pengumumannya.

Panorama Bukit Pandang Santa Mulya



Di tempat wisata ini, para travelers akan disuguhkan dengan satu panorama keindahan Pegunungan Kendeng yang mempesona, memang terasa seperti liburan di luar negeri. Dari jalan, travelers akan naik sekitar 100 meter dengan pemandangan hutan jati di kanan kiri, ikuti sampai ke puncak. Suasana pada saat pagi hari yang cerah dengan udara yang sejuk juga pemandangan hamparan bukit Pandang Santa Mulya dengan berbagai spot untuk foto selfi yang bisa dikatakan keren-keren. Memang cukup menarik para wisatawan domestik baik dari Pati maupun Kudus dan sekitarnya.

Di puncak, juga sudah terdapat sejumlah spot menarik untuk foto-foto selfie. Mulai dari spot I Love U, rumah pohon, gazebo-gazeno menarik. Ada juga spot berupa batu menjorok yang katanya pernah jadi tempat persembunyian macan atau harimau, spot kupu-kupu, dan masih banyak lagi lainnya. Di puncak, travelers akan melihatnya indahnya pemandangan hijaunya Gunung Kendeng dan hamparan daratan Kabupaten Pati dengan cakrawala laut utara Jawa. Ke depan, pengelola akan menambah fasilitas berupa outbond, jembatan goyang, dan flying fox. Wah menarik sekali bukan.

Pengelola disini menceritakan jika nama Ki Santamulya diambil dari seorang tokoh legendaris pada zaman Prabu Angling Dharma. Puncak bukit pandang dijadikan sebagai tempat dalam kegiatan berkomunikasi batin dengan istrinya yang menjalani hukuman pengasingan di Pulau Seprapat, Juwana, kawasan pantai utara Jawa. Di dalam mengenang sejarah tersebut, pengelola wisata disini memilih nama Ki Santamulya untuk dijadikan sebagai nama destinasi wisata di bukit pandang.

Harga Tiket Masuk Bukit Pandang Santa Mulya


Tak memerlukan biaya mahal untuk berkunjung ke tempat yang hits ini. Sebab hanya dengan Rp 2 ribu untuk biaya pengamanan parkir. Dengan begitu Anda sudah bisa menikmati indahnya surga Kendeng yang begitu alami, benar-benar terasa seperti pemandangan di luar negeri.

Fasilitas Bukit Pandang Santa Mulya


Untuk pengembangan pariwisata selanjutnya, pengelola juga akan menambahkan sejumlah fasilitas, misalnya saja seperti toilet. Hal itu yang membuat dalam waktu dekat pengelola juga akan menerapkan tarif masuk. Akan tetapi untuk tiket masuknya juga bisa dikatakan murah untuk setiap kalangan yang hendak berlibur.

Related Posts

1 komentar