Lokasi dan Rute Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur

shares |

Lokasi dan Rute Taman Nasional Baluran - Taman Nasional Baluran sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Sebab taman tersebut memiliki pemandangan padang savanna yang dikatakan mirip dengan apa yang terdapat di Afrika. Taman wisata yang terdapat pada Kabupaten Situbondo ini terdapat beraneka satwa liar. Bermacam macam tumbuhan juga dibiarkan tumbuh alami bersama dengan kehidupan aneka satwanya. Taman Nasional Baluran berada pada provinsi Jawa Timur tepatnya di Banyuwangi. Wisata Banyuwangi Jawa Timur ini termasuk salah satu kekayaan alam alami yang juga terkenal dengan tempatnya yang indah.



Lokasi Taman Nasional Baluran


Lokasi Taman Nasional Baluran ini berada tepat di desa wonorejo, kecamatan Banyuputih, dan berada di kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sesungguhnya, kawasan baluran ini berada pada perbatasan kabupaten Situbondo dan juga dengan kabupaten Banyuwangi. Banyak orang menamakan Taman Nasional Baluran Situbondo. Kemudian ada juga yang menamakantaman wisata ini dengan Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Hal ini disebabkan karena lokasi taman ini lebih dekat menuju arah Banyuwangi dibandingkan menuju ke kabupaten Situbondo itu sendiri.

Rute Dan Akses Menuju Taman Wisata Baluran Paling Mudah



Terdapat beberapa rute dan juga akses untuk menuju Taman Nasional Baluran yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kendaraan Anda. Apabila Anda memakai kendaraan mobil, maka Anda dapat langsung menuju jalan Banyuwangi sampai ke Batangan lalu dilanjutkan ke arah Bekol. Anda juga dapat langsung dari jalan Situbondo – Batangan. Saat berada di Bekol, jalanan yang menggunakn aspal tipis, lebih baik mobil sejenis SUV supaya petualangan jadi semakin berkesan. Jalan Bekol – Bama ini yang akan menghubungkan pintu masuk di padang savanna Baluran.

Kemudian apabila Anda memakai angkutan umum kereta api, pastikanlah Anda akan berhenti pada Stasiun Banyuwangi Baru. Kemudian dari stasiun, Anda dapat menaiki kendaraan bus jurusan Terminal Sri Tanjung Ketapang. Dari Terminal Sri Tanjung selanjutnya anda naik bis jurusan Surabaya. Anda bisa bilang akan berhenti di Baluran. Pengemudi kendaraan pastinya sudah memahami tujuan Anda. Anda akan diturunkan tepat pada depan pintu gerbang Taman Nasional Baluran.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran


Untuk harga tiket masuk obyek wisata Taman Nasional Baluran ini bisa dikatakan bermacam-macam. Disesuaikan pada situasi kondisi serta berdasarkan asal wisatawan. Tak hanya tiket masuknya, biaya parkir tersebut juga harus diperhitungkan. Di bawah ini rincian biaya masuk yang dikenakan di Taman Nasional Baluran Jawa Timur.

Harga tiket masuk untuk hari biasa (hari biasa terhitung mulai hari senin sampai dengan hari jum’at)
Pengunjung domestik ataupun wisatawan lokal dikenakan tarif sebesar: Rp.15.000. Kemudian untuk wisatawan manca negara bisa jadi 10 kali lipat, yaitu bisa membayar Rp. 150.000

Tarif parkir untuk hari hari tersebut yaitu untuk pengendara roda 2 yaitu sebesar Rp. 5.000. Sedangkan untuk pengendara roda 4  dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000.00. Lalu untuk pengendara roda 6 atau kendaraan berupa bus dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000.

Daya Tarik Taman Nasional Baluran


Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur termasuk sebuah taman nasional dengan luas area kurang lebih 25.000 hektar. Anda juga jangan mengira taman nasional ini misalnya saja seperti taman-taman lain yang hanya hutan belantara. Memang ada sebagian wilayahnya, taman baluran juga menyuguhkan juga tempat konservasi alam yang berupa hutan lindung. Akan tetapi, wilayah utama wisata baluran yaitu berupa hamparan padang rumput yang teramat luas. Luas savana baluran ini bisa mencapai sepertiga dari luas dari seluruh taman nasional. Antara lain yaitu 10.000 hektar. Savana baluran ini termasuk savana terluas yang ada di Pulau Jawa.

Lokasi Taman Nasional Baluran Jawa Timur ini dikatakan mirip dengan savana yang terdapat pada benua Afrika. Di tempat ini juga ada rerumputan yang terbentang pada sepanjang mata memandang. Kemudian juga ada pohon-pohon dengan batang yang mekar tampak satu dua di atas rumput. Kemudian yang paling menyejukkan mata yaitu backgound gunung baluran yang tinggi menjulang yang tampak mulai dari pangkal sampai dengan pucuk gunung yang ada dalam cuaca cerah. Sangat tepat apabila julukan Africa Van Java melekat di taman baluran jawa timur ini.

Taman Nasional Baluran juga melindungi hewan-hewan padang rumput. Misalnya saja banteng, kerbau, rusa, monyet dengan ekor panjang, serta burung pemilik ekor panjang, burung merak. Anda juga dapat menyaksikan keberadaan mereka yang sedang merumput pada tengah savana. Sekali-sekali ada segerombolan hewan rusa akan melintasi kendaraan Anda yang sedang melintasi jalan. Pemandangan ini sekali ditemui pada padang rumput seperti ini. Seakan akan Anda akan dibawa jauh melompat melihat kawasan afrika dengan diperlihatkan situasi yang seperti ini.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar