Lokasi dan Rute Air Terjun Luweng Sampang Gedangsari Gunungkidul

shares |

Lokasi dan Rute Air Terjun Sampang - Jogja tidak pernah berhenti dalam menyuguhkan pesona alamnya, terlebih lagi di kawasan Gunung Kidul. Jika selama ini anda semua hanya mengetahui pantai-pantainya yang terlihat sangat menawan, ternyata ada surga baru yang tersimpan disana, yaitu bernama Air Terjun Luweng Sampang. Wilayah Gunung Kidul memang punya pantai dengan batuan-batuan yang cadas namun tampak menarik. Kenyataannya air terjun di Luweng Sampang pun juga dihiasi dengan batuan-batuan cadas yang memiliki warna putih. Yang tampak kontras dengan birunya air. Batuannya juga terkena erosi air jadi terkikis alami serta membentuk garis-garis yang tampak unik.



Keadaan ini sebagai daya tarik utama dari  tempat wisata Air Terjun Luweng Sampang, keindahannya bisa dikatakan mirip dengan Grand Canyon yang terdapat di Pangandaran. Udara yang sejuk disertai gemericik air yang menyambut kedatangan para pengunjung, dapat menjadi penghilang lelah sesudah perjalanan panjang menuju tempat ini. Suasana alamnya yang sangat asri dengan air terjun  yang tampak indah sayang sekali jika dilewatkan untuk pengunjung yang mempunyai jiwa petualang. Oleh sebab itu jangan sampai merusak keindahan alam ini dengan membuang sampah sembarangan.

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang


Air Terjun Luweng Sampang yang indah ini terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini diberi nama Luweng Sampang sebab Luweng dalam bahasa Jawa artinya adalah Lubang dan Sampang sebab lokasinya berada di desa yang bernama desa Sampang.

Rute Air Terjun Luweng Sampang


Jarak dari kota Yogyakarta untuk menuju tempat ini kurang lebih 30km atau bisa ditempuh kurang lebih sekitar satu jam perjalanan. Terdapat dua rute yang bisa anda pilih untuk menuju air terjun Luweng Sampang sebagai berikut:

Dari Yogyakarta menuju ke Ringroad ketandan, setelah itu Jl. Wonosari. Anda akan melewati Piyungan  sampai menjumpai Bukit bintang Patuk . Sesudah sampai di Perempatan dekat GCD FM ambil arah kiri > Ngoro-oro Ombo. Setelah itu ada Perempatan Puskesmas Patuk II . Lalu ambil arah lurus  kemudian ke Pertigaan Padukuhan Semilir (ke kiri). Setelah Pertigaan SDN Negeri Belang Terbah (masih lurus) kemudian ke Balai Desa Terbah. Ketika ada pertigaan ambil yang lurus selanjutnya ikuti jalan ± 3 km letak Luweng Sampang di sebelah kanan jalan.

Dari Yogyakarta menuju Maguo, selanjutnya ke Prambanan. Dari jalan Jogja solo ambilah ke arah kanan (selatan). Kemudian menuju Desa Gantiwarno Klaten lalu ke SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno Klaten. Selanjutnya Desa Sampang Gunungkidul ke Balai Desa Sampang. Lalu ikuti jalan kurang lebih 2 km, untuk letak air terjun Luweng Sampang di kiri jalan.

Untuk waktu terbaik berkunjung ke obyek wisata Air Terjun Luweng Sampang dianjurkan pada waktu musim hujan sebab debit air terjun yang jatuh akan makin deras dan terus menambah kecantikannya.

Daya Tarik Air Terjun Luweng


Wisata Air Terjun Luweng Sampang yang ada di Gedang Sari Gunungkidul Yogyakarta mempunyai pesona keindahan yang begitu menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Sangat sayang sekali apabila anda berada di kota Gunungkidul tidak berkunjung Wisata Air Terjun Luweng Sampang di Gedang Sari Gunung Kidul Yogyakarta yang mempunyai keindahan yang tiada duanya itu.

Wisata Air Terjun Luweng Sampang yang berada di Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta juga sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda. Terlebih lagi pada waktu liburan panjang seperti libur nasional, ataupun di hari libur yang lainnya.  Keindahan Wisata Air Terjun Luweng Sampang di Gedangsari Gunungkidul Yogyakarta ini juga direkomendasikan untuk anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk segera pergi mengunjungi tempat Wisata Air Terjun Luweng Sampang yang ada di kota Gunungkidul ini.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar