Lokasi dan Rute Puncak Gunung Telomoyo Tempat Hits Untuk Melihat Sunrise

shares |

Lokasi dan Rute Puncak Gunung Telomoyo -  Jawa Tengah memang banyak menghadirkan tempat wisata yang menarik. Pastinya yang selalu memiki pemandangan alam yang sangat indah. Dan bagi anda semua yang hoby mendaki gunung dan menikmati keindahannya di atas puncak gunung Telomoyo. Gunung Telomoyo, untuk sebuah gunung dengan ketinggian 1.894mdpl gunung Telomoyo termasuk gunung yang pendek seperti yang lainnya. Namun bedanya adalah untuk mencapai puncaknya kamu bisa naik kendaraan seperti motor, mobil bahkan dengan truk dalam waktu kurang dari setengah jam saja dihitung mulai dari pintu pos. Jalur yang dilalui juga bisa dibilang mudah karena sudah diaspal walaupun di beberapa titik ada yang rusak. Puncaknya terdapat stasiun pemancar, tower dan antenna yang masih beroperasi, oleh karena itu ada juga yang menjulukinya sebagai Gunung Pemancar.




Lokasi Gunung Telomoyo


Letak Gunug Telomoyo ini tidak berada jauh-jauh dari Semarang.  Letak Gunung ini masih dalam lingkup Kabupaten Semarang, tepatnya di daerah Kopeng. Basecamp Gunung Telomoyo ternyata sangat dekat dengan basecamp gunung Andong.

Rute Gunung Telomoyo


Jalur ke Gunung Telomoyo cukup mudah kok bila dari Semarang. Semarang – Salatiga – Kopeng – Dalangan bisa ditempuh dengan waktu 2 jam jika lancar. Setelah Kopeng dan Sebelum Pasar ngablak ada pertigaan dengan Pom bensin mini di sebelah kiri, di pertigaan itu belok kanan ikuti jalur sekitar 6 kilometer. Di sana sudah ada papan informasi ke arah Stasiun Pemancar. Itulah jalan tunggal menuju Puncak Telomoyo.

Keindahan Puncak Gunung Telomoyo


Untuk anda yang ingin bersantai menikmati pemandangan dari atas puncak gunung Telomoyo ini, anda bisa juga menggunakan sepeda motor. Dari gapura telomoyo menuju puncak membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit dengan menggunakan motor.  Cukup singkat untuk mendaki gunung setinggi 1894 mdpl yang biasanya memerlukan waktu 2 jam pendakian jalan kaki.

Yang harus diperhatikan sebelum mendaki adalah cek dahulu ketersediaan bensin anda, karena sepanjang perjalanan nanti tidak ada penjual bensin eceran. Selain itu kondisi jalan yang terus menanjak juga akan mengikis cadangan bensin dengan cukup cepat. Yang kedua, perhatikan juga kondisi motor anda. Pastikan motor anda akan kuat menanjak sepanjang perjalanan dan cukup tangguh untuk melewati jalanan berlubang, berbatu, dan berpasir.  Selain itu anda juga harus siap dalam menghadapi medan tersebut, supaya pendakian anda bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sedikitpun.

Untuk mendapatkan pemandangan yang sempurna di Puncak Telomoyo dan Gunung lain pada umumnya memang ciamik dan sangat pas ketika matahari terbit. Jika digambarkan pemandangan indahnya mirip di Bukit Panguk Kediwung Bantul. Ketika langit masih biru cerah dan langit tanpa awan. Kamu bisa melihat Pucuk Gunung Merbabu dan Merapi yang mulai memerah terkena sinar matahari di sisi sebelah timur. Dengan catatan pada saat cuacanya cerah. Jika menengok ke Utara, Gunung Ungaran dan rawa pening mungkin akan terlihat samar samar.

Di puncak gunung ini terdapat landasan paralayang. Landasan paralayang ini biasa digunakan untuk even-even kejuaraan paralayang menjadikan gunung Telomoyo semakin dikenal di masyarakat luas. Dari landasan paralayang ini kita dapat bersantai sambil berfoto-foto. Tapi anda semua yang berada di sini tetap harus selalu berhati-hati , karena landasan paralayang ini sangat curam dan tidak ada pembatasnya sehingga jika terjatuh maka akan masuk ke dalam jurang.  Spot foto di landasan paralayang puncak Telomoyo ini sedang hits di media sosial. Karena banyak sekali yang menggunggah foto foto kerennya di media sosial khususnya di Instagram.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar