Lokasi dan Rute Kebun Raya Cibodas Bogor Dengan Koleksi Tanaman Terbanyak

shares |

Lokasi dan Rute Kebun Raya Cibodas Bogor - Jawa Barat merupakan salah satu Propinsi di Indonesia yang banyak memiliki destinasi wisata menarik mulai dari wisata alam sampai tempat wisata buatan, salah satu objek wisata alam yang menjadi tujuan favorit wisatawan sekitar atau luar kota bahkan manca negara adalah kebun raya cibodas. Tempat wisata ini merupakan sebuah taman yang indah yang berada diarea seluas 80 hektar, sebenarnya tempat ini sudah sejak lama dikenal bahkan sampai mancanegara sehingga tak heran jika banyak wisatawan asing yang berkunjung ke objek wisata.



Lokasi Kebun Raya Cibodas


Kebun raya cibodas sendiri berada di alamat Jl. Kebun Raya Cibodas, Kelurahan Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang tentunya sayang untuk dilewatkan apabila kamu sedang berada di bogor karena selain dapat melihat keindahan alam disana juga terdapat lokasi yang banyak diminati oleh pengunjung.

Rute Kebun Raya Cibodas


Untuk menuju kawasan ini, anda dapat menempuh jalur Puncak Bogor. Berjarak sekitar 95 km dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 1 sampai 2 jam perjalan (tergantung kondisi lalu lintas). Untuk rute, dari arah Bogor/Jakarta melewati perkebunan teh dan Puncak Pass. Sampai nanti bertemu dengan persimpangan (pertigaan) Paragajen menuju Cibodas.

Sedangkan untuk anda yang berada di Bandung, Sukabumi, dan Cianjur, Istana Cipanas (Istana Negara) dapat menjadi patokan pertama. Lalu kemudian dilanjutkan sampai bertemu dengan Rumah Sakit Cimacan, pertigaan Paragajen, ambil jalur kiri menuju lokasi.

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas


Kebun Raya Cibodas punya banyak sekali koleksi tumbuhan hidup yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu indoor dan outdoor, adapun koleksi tumbuhan yang ada di indoor adalah kaktus, anggrek, sukulen, sedangkan di outdoor ada rhododendron, lumut, paku-pakuan, taman sakura, serta lain sebagainya. Tanaman tersebut tumbuh dengan subur di taman ini. Taman bunga menjadi tempat favorit untuk para wisatawan dari berbagai macam daerah untuk berfoto selfi dengan latar yang mempesona.

Khusus taman sakura memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena selain di Kebun Raya Cibodas anda hanya bisa melihatnya di Jepang. Namun bunga sakura ini hanya mekar dua kali dalam setahun dan bertahan hanya 4 hari saja, menurut sumber mekarnya sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Jadi anda tidak perlu jauh jauh mengunjungi taman bunga sakura di Jepang. Sebab hanya mengunjungi Kebun Raya Cibodas saja anda sudah bisa merasakan indahnya berada di tengah tengah taman bunga sakura.

Selain lokasi menarik yang disajikan kebun raya cibodas, disana juga disediakan banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung seperti area parkir luas, ruang informasi, area bermain untuk anak-anak, Musholla, MCK umum, shelter, pendodo, theater alam terbuka dan juga camping ground yang luas. Sekitar dari 100 meter dari pintu masuk terdapat Taman Sakura Cibodas. Objek yang satu ini termasuk tempat favorit para pengunjung kebun raya. Seperti halnya, di tempat ini ditanam sejumlah pohon Bunga Sakura yang tersebar di setiap taman. Dalam setahun, di tempat ini Bunga Sakura dapat berbunga sebanyak 2 sampai 3 kali.

Harga Tiket Masuk


Harga tiket masuk tempat wisata Kebun Raya Cibodas cukup terjangkau yaitu sebesar Rp. 9.500/orang, sedangkan untuk motor Rp. 5000 dan untuk mobil Rp. 16.000, harga tersebut berlaku untuk hari biasa maupun hari libur. Di sini kendaraan anda bisa dibawa masuk untuk berkeliling kebun raya, namun pada hari sabtu, minggu dan libur nasional kendaraan anda tidak bisa dibawa masuk.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar