Cara Membeli Tiket dan Menggunakan MRT di Singapura

shares |

Cara Membeli Tiket MRT di Singapura - Mass Rapid Transit atau MRT adalah sebuah sistem transportasi dengan menggunakan kereta api yang paling populer di Singapura. Warga Singapura kalau pergi kemana2 pasti menggunakan MRT, karena selain cepat, harga tiketnya juga murah dibandingkan naik taxi ataupun bawa mobil sendiri.

Kartu EZ-link merupakan jenis kartu yang dimiliki oleh warga Singapura untuk bepergian dengan MRT. Kartu ini tidak hanya diperuntukkan untuk MRT saja, melainkan juga dapat digunakan untuk naik bus atau berbelanja di banyak supermarket atau restoran, seperti 7-eleven. Kalau di Indonesia sama seperti E-Money.

Kalau kita ingin berkeliling Singapura, maka memiliki EZ-Link merupakan hal wajib, karena kita hanya perlu beli sekali dan kita sudah bisa keliling kota Singapura naik MRT dan bis. Itu kalo ga mau repot beli tiket ke mesin tiket setiap mau menggunakan MRT.

Bagaimana cara membeli tiket MRT sekali jalan?

Caranya mudah, hanya tinggal menuju stasiun MRT dan cari mesin tiket MRT. Mesinnya model touch screen. Jadi tinggal pilih tujuan dan jumlah tiket, masukkan uang dollar Singapura (koin dan kertas) dan ambil tiketnya. Jangan salah pencet tujuan ya.

Bagaimana Cara Membeli tiket terusan MRT atau Kartu EZ-Link?

Kartu EZ-Link bisa dibeli dengan mudah di setiap stasiun MRT atau di mini market 7-eleven yang bertebaran di seluruh pelosok Singapura.



Kalau mau beli di bandara Changi, bisa beli di 7-eleven (ga selalu ada stock) atau di stasiun MRT yang di bawah terminal kedatangan T2 atau T3. Jadi kalau mendarat di T1 mesti jalan dulu ke arah T2.

Berapa Harga Kartu EZ-Link?

Tergantung dimana belinya, kalau belinya di stasiun MRT harganya SGD 12 (saldo pemakaian SGD 7 dan harga kartu SGD 5 (non refundable)). Kalau beli di 7-eleven SGD 10 saldo SGD 5 dan kartu SGD 5). Ini dollar Singapura ya, jadi kalau per Desember 2017 ratenya 1 SGD ~ 10 ribu rupiah.

Apakah kartu EZ-Link refundable?

Kartunya non refundable. Yg refundable saldonya.

Apakah ada Kartu EZ-LInk khusus Turis?

Ada. Namanya Singapore Tourist Pass. Wisatawan bisa membeli tiket ini dengan durasi penggunaan 1 - 3 hari. Artinya, wisatawan bebas menggunakan MRT kemanapun tanpa batasan jarak atau frekuensi selama 24 - 72 jam. Wah murah dong... Murah kalo tujuannya cuman ngerasain naik kereta keliling Singapore :-D.

Berapa harga kartu Singapore Tourist Pass?

Untuk durasi 1 hari - SGD 10, 2 hari - SGD 16 dan 3 hari - SGD 20. Harga kartu di atas masih ditambah biaya rental kartu sebesar SGD 10 yang refundable asal kartu dikembalikan paling lambat dalam 5 hari setelah pembelian kartu. Jadi kalau beli kartu yang 3 hari, ya sisa 2 hari untuk pengembalian dan dapetin refund sewa kartu.


Jadi mending mana? Beli Singapore Tourist Pass, EZ-Link atau beli tiket 1x jalan?

Tergantung berapa lama teman berada dan melakukan kegiatan apa di Singapura. Kalau tujuan utama, misalnya ke Universal Studios, selama 2 hari, dan tidak banyak kegiatan lain ya mendingan beli tiket 1x jalan aja. Atau kalau sudah punya rencana mo kemana aja di Singapura, bisa coba ngitung total tarif naik MRT per harinya. Bisa coba web resmi mrt kalo mo coba liat berbagai tarif dan tujuan di Singapura. Sebagai gambaran, tarif bandara Changi - Orchard sekitar SGD 1.7 sekali jalan. Sedangkan Tarif Orchard - Marina SGD 1 sekali jalan.

Cara Naik MRT

Kalau kartunya sudah dibeli, maka selanjutnya adalah bagaimana naik MRT. Gampang, ambil peta MRT Singapura dan segera masuk ke peron stasiun yang menuju arah yang akan dituju. Contoh cara membaca petunjuk MRT adalah sebagai berikut :

Teman-teman berangkat dari Changi dengan tujuan hotel Supreme di area Orchard. Perhatikan peta berikut:

Stasiun Changi mempunyai kode CG2 paling kanan dengan jalur berwarna hijau. Di sini teman-teman mulai naik MRT dengan tujuan pertama ke stasiun Tanah Merah (CG/EW4) untuk berganti kereta menuju stasiun City Hall (EW13/NS25) untuk kemudian berganti lagi kereta di jalur merah untuk menuju stasiun Somerset (NS23) untuk kemudian turun dan berjalan kaki menuju hotel Supreme.


Di setiap stasiun, yang selalu diinformasikan adalah tujuan akhir, dan biasanya tempat naik/turun nya berbeda peron. Jadi perhatikan tujuan akhir dari setiap jalur agar tidak salah naik kereta. Contoh di atas saya coba lengkapkan sebagai berikut :
  • Changi -> Tanah Merah (tujuan akhir Tanah Merah).
  • Tanah Merah -> City Hall (tujuan akhir Tuas Link)
  • City Hall - Somerset ( tujuan akhir Jurong East)
Jadi jangan lupa perhatikan tujuan akhir untuk melihat peron tempat naik kereta.

Demikian informasi cara membeli tiket dan menggunakan MRT di Singapura. Mudah-mudahan cukup jelas. Selamat liburan ke Singapura.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar