Lokasi dan Rute Bukit Klangon Merapi Dengan Gardu Pandang Keren

shares |

Lokasi dan Rute Bukit Klangon Merapi - Wisata jogja tidak akan pernah ada habisnya. Seperti halnya Gunungkidul atau Kulonprogo yang selalu menghadirkan tempat wisata baru yang hits dan banyak dikunjungi. Sekarang ini, Sleman juga mencuri perhatian dengan wisata baru Bukit Klangon yang sedang hits di instagram. Walaupun mengusung konsep gardu pandang, akan tetapi yang dimiliki Sleman ini cukup berbeda apabila dibandingkan dengan Bukit Panguk Kediwung seperti di Bantul. Karena  panorama alam yang disajikan disini tampak jauh berbeda. Pada lokasi tersebut sekarang tersedia gardu pandang yang terbuat dari kayu. Dari atas gardu pandang itu, gunung merapi semakin terlihat nyata dengan bentang alam pada sekitarnya yang mempesona. Dari bukit klangon ini juga kerap diadakan event downhill.




Lokasi Bukit Klangon Merapi


Bukit klangon Merapi ini terletak di Desa Glagaharjo kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila anda belum sempat ke The Lost World Castle karena sedang ditutup, maka wisata baru ini bukit klangon bisa jadi alternatifnya.

Rute Bukit Klangon Merapi


Untuk rute menuju bukit klangon ini bisa melewati jalan solo. Sebelum sampai di candi prambaan, ada jalan propinsi ke utara. Ikuti jalan tersebut dengan jarak tempuh 20 km.  Atau anda bisa mengambil rute menuju kaliurang. Untuk yang masih kebingungan, untuk menuju ke Bukit Klangon Merapi ini silakan anda ambil rute menuju Kaliurang dan setelah ada pertigaan arah ke kaliadem/cangkringan belok kanan. Terdapat pertigaan untuk menuju merapi Golf atau The Lost Worldd Castle ambil kanan lurus ke timur. Dan kemudian ada pertigaan, anda bisa ambil keiri lurus terus. Dari sana sudah terdapat banyak plang penunjuk rute Bukit Klangon. Bukit Klangon ini letaknya hanya sekitar 2 km dari The Lost World Castle dan menjadi tempat tertinggi di lereng Merapi yang dijadikan tempat tinggal oleh warga.

Gardu Pandang Bukit Klangon


Keindahan Bukit Klangon Merapi ini yaitu berupa background dari gardu pandang yang berupa Gunung Merapi. Sebab lokasi Bukit Klangon ini berada pada lereng Merapi, pastinya Gunung yang sangat aktif itu terlihat begitu gagah dan juga tampak besar. Sejak foto fotonya tersebar di media sosial, lokasi bukit klangon kini jjadi incaran para wisatawan. Tempat ini sebenarnya punya nama Wisata Alam Bukit Glagahsari dan juga dikenal dengan sebutan Gardu Pandang Rotary. Hal ini karena gardu pandang ini adalah donasi dari Rotary International. Pada saat cuaca sedang cerah, para pengunjung bisa menikmati Puncak Merapi dari dekat dengan menaiki gardu pandang setinggi 5 meter.

Kawasan klangon ini termasuk salah satu jalur pendakian gunung merapi. Akan tetapi, semenjak erupsi 2010 lalu jalur ini ditutup. Saat ini bukit klangon merupakan spot favorit para foto hunter dan pecinta montain bike. Banyak para bikers yang mencoba trek downhill dari bukit klangon. Treknya lumayan menantang dan memacu adrenalin mulai dari tikungan tikungan tajam dengan jurang bekas aliran lava di kanan kirinya, hutan, perkebunan yang selanjutnya melewati perkampungan warga.

Bukit klangon juga merupakan tempat yang pas untuk bersantai melupakan sejenak rutinitas. Udaranya yang sejuk dan jauh dari polusi, menjadikan anda dapat betah berlama lama. Apabila punya waktu liburan yang panjang, bawalah tenda untuk camping disini. Di Lokasi bukit klangon memiliki lahan yang cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda. Udara yang sejuk dengan view puncak merapi yang memukau akan membuat camping anda semakin sempurna. Menariknya lagi disini sudah tersedia beberapa fasilitas seperti tempat ibadah dan toilet.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar