Lokasi dan Daya Tarik Hutan Mangrove Pandansari Brebes

shares |

Lokasi Hutan Mangrove Pandansari - Saat ini, banyak sekali tempat wisata yang hits dengan menyuguhkan pemandangan alam yang begitu luar biasa. Untuk anda yang ingin berwisata menikmati udara yang sejuk, sebaiknya anda mengunjungi wisata di Kabupaten Brebes jawa Tengah. Di wilayah Brebes menyuguhkan wisata alam yang sangat menarik dan juga asri yang berupa hutan bakau. Hutan Bakau tidak hanya bermanfaat guna menanggulangi abrasi akan tetapi juga efektif untuk menjadikan benteng hidup pada saat terjadi tsunami. Terlebih lagi, ekosistem pada daerah pesisir pantai ini juga akan lebih alami dengan adanya hutan bakau yang memancing biota laut guna berkembang biak.




Di hutan Mangrove Pandansari Brebes denagn lahan seluas 200 hektar ini telah menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk  2 juta lebih pohon mangrove atau pohon bakau yang ada di Pandansari Brebes. Karena keindahan pemandangannya, hutan mangrove Pandansari Brebes ini telah menjadi salah satu tempat wisata baru yang sangat menarik dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Karena tempat ini menyuguhkan pemandangan yang begitu luar biasa indahnya yang akan membuat anda terkagum kagum.

Lokasi Hutan Mangrove Pandansari Brebes

 


Adanya hutan bakau Pandansari Brebes ini memang belum banyak pengunjung atau wisatawan yang mengetahui. Lokasinya wisata baru berupa hutan bakau ini berada di Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Jawa Tengah. Hanya kurang lebih 10 kilometer dari Kota Brebes. Pandansari merupakan pedukuhan di daerah pesisir utara masuk Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes. Tak hanya melihat rimbunnya pohon mangrove, juga bisa pergi ke Pulau Pasir, dengan luas kurang lebih 10 ha ini.

Daya Tarik Hutan Mangrove Pandansari


Dalam mendukung wisata hutan magrove ini, warga menciptakan sebuah tracking atau tempat berjalan untuk para pengunjung yang hendak menyusuri dan melihat rimbunnya pohon bakau dan juga burung bangau yang sering terlihat pada rimbunan ranting atas pohon mangrove. Hutan mangrove yang ada di Brebes ini memang begitu pas jika dijadikan tempat tujuan wisata. Dari fungsi biologisnya, hutan mangrove untuk habitat satwa liar. Misalnya seperti burung, reptil liar, amphibi, kerang darah, udang, dan ikan, jadi dapat memiliki fungsi sosial ekonomi. Untuk pengunjung yang hobi memancing, lokasi ini dapat dianggap menjadi tempat favorit untuk melepas kepenatan. Mereka dapat menyalurkan hobynya itu diatas perahu sewaan.

Pulau Pasir


Menggunakan fasilitas perahu dengan mesin diesel, para pengunjung dapat menikmati dua pemandangan. Antara lain adalah hutan mangrove dan Pulau Pasir. Pada sepanjang pantai, tampak juga burung camar serta bangau, terbang di atas hutan serta tampak mematuk ikan yang sedang berenang renang. Tak hanya pemandangan itu, anda bisa melihat tambak warga yang sudah terkena abrasi. Di tempat ini anda bisa menyaksikan warga Pandansari yang sedang mencari kerang, udang, dan juga ikan, pada bekas tambak yang telah tenggelam.

Pada saat berada di Pulau Pasir, tampak Laut Jawa dengan airnya yang biru, dan juga kapal nelayan yang ada di tepi pantai. Sedangkan pada sebelah barat, selatan, dan timur, tampak hamparan tambak, rerimbun mangrove. Kemudian juga bisa melihat anak-anak juga bisa menikmati mandi di laut yang denagn air yang  jernih. Pemandangan seperti itu bisa menjadikan hati kita sebagai para pengunjung merasa nyaman dan tenang. Udara sejuk disini juga akan membuat para pengunjung betah berlama lama di tempat ini. Nah, jika saat hari libur, luangkanlah waktu anda untuk mengunjungi wisata baru Brebes Jawa Tengah ini.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar