Lokasi dan Harga Tiket Masuk Bukit Pandang Batu Ratapan Angin

shares |

Lokasi Bukit Pandang Batu Ratapan Angin - Batu Pandang atau yang sering disebut dengan Wisata Ratapan Angin. Wisata ini termasuk sebuah tempat wisata yang berada di Dieng Wonosobo dengan pemandangan tampak begitu indah. Dieng sendiri juga termasuk tempat dengan bekas gunung vulkanik purba yang telah tidak aktif. Sebagian besar termasuk bekas letusan gunung yang meninggalkan bukit-bukit, bebatuan menonjol sampai tempat eksotis lainnya. Salah satu bukti terdapatnya peninggalan aktivitas vulkanik purba. Antara lain yaitu tebing batu yang menonjol. Bukit ratapan angin atau Batu Pandang atau batu ratapan angin salah satu peninggalan aktifitas tersebut.


Lokasi Batu Ratapan Angin / Bukit Batu Pandang


Batu Pandang berada di Kawasan Wisata Cagar Alam Telaga Warna  Masuk Wilayah administrasi Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo – Jawa Tengah. Letak Batu Pandang Ratapan Angin adalah di atas Telaga Warna dimana tempat ini merupakan spot terbaik menikmati keindahan telaga dari atas. Seluruh lokasi telaga dapat dilihat jelas dari tempat ini. Untuk menuju ke Batu Pandang, Dari Pertigaan Dieng ikuti jalur sebelah kiri yang menuju telaga Warna. 

Tempat Favorit untuk Berselfi


Sebaiknya anda mertasakan sensasi mengunjungi Batu Ratapan Angin ini saat anda berkunjung ke Dieng terutama pada waktu berkunjung ke telaga Warna. Lokasinya yang masih satu komplek dengan wisata Telaga Warna dengan akses yang cukup mudah untuk menuju kesana menjadikan Batu Pandang selalu ramai setiap waktu liburan ataupun di Hari-hari Biasa.   Jangan lupa anda membawa, siapkan ekspresi dan juga posisi yang paling keren pada saat berkunjung ke tempat wisata yang sangat populer di Dieng ini. Pemandangan pegunungan sekitar serta Telaga Kembar Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang berada tepat dibawahnya akan menjadi kenangan tak terlupakan selama anda mengunjungi Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

Nama batu ratapan angin ini mungkin bisa kita rasakan ketika kita menjajaki tempat tersebut. Dari tempat parkir kemudian sedikit jalan kaki menanjak untuk sampai atas anda akan merasakan betapa indahnya pemandangan tersebut. Diiringi hembusan angin yang kadang menimbulkan bunyi sehingga cocok untuk anda meratapi masa depan yang cerah. Karena hal inilah mungkin tempat ini disebut batu ratapan angin, atau batu pandang.

Sejarah Batu Ratapan Angin


Dahulu kala masyarakat sekitar mempercayai cerita yang ada di tempat ini. Dulunya dikatakan pernah hidup seorang pangeran tampan dan putri jelita yang hidup rukun dan damai. Sampaipada akhirnya mereka menerima cobaan hidup dimana hadirnya orang ketiga yang menggoda sang istri yang cantik. Kemudian istri yang tadinya setia mulai goyah kesetiaannya untuk berpaling dari pangeran.

Sampai pada akhirnya suatu saat sang pangeran mengetahui perselingkuhan antara orang ketiga dengan sang istri di hutan sebelah telaga warna. Sang pangeran marah dan mereka berkelahi baik sang pangeran maupun orang ketiga tersebut. Karena pangeran memiliki kesaktian luar biasa ia mengubah sang istri menjadi batu yang tertunduk dan mengubah orang ketiga menjadi batu yang berdiri.

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Ratapan Angin


Tiket masuk untuk dapat menikmati wisata jateng berupa bukit batu pandang untuk hari biasa dewasa Rp. 10.000. Harga tiket masuk tersebut jika pada hari biasa dan mungkin ada kenaikan pada hari libur. Namun bagi anda yang berada di luar Wonosobo dan ingin berwisata ke Wonosobo jangan khawatir, karena sudah ada jasa pemandu atau yang akan mengantarkan anda sampai dengan tempat tujuan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar