Lokasi dan Fasilitas Air Terjun Tirtosari Magetan Serta Daya Tariknya

shares |

Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur yang saat ini sedang hits dengan tempat wisatanya adalah Kabupaten Magetan. Kabupaten ini letaknya bersebelahan dengan Kabupaten Ngawi di utara, Kota Madiun dan juga Kabupaten Madiun di timur.  Wilayah magetan juga merupakan jalur utama untuk menuju ke berbagai kotaAkan tetapi jalur itu tidak melewati ibu kota dari Kabupaten Magetan.




Hanya satu stasiun yang terdapat pada lokasi kabupaten Magetan, antara lain yaitu Stasiun Barat yang berada di lokasi Kecamatan Barat. Air terjun Tirtosari Magetan ini termasuk salah satu tujuan wisata yang sedang hits dan yang masih ada di dalam kawasan Telaga Sarangan. Bisa dikatakan letaknya memang sedikit tersembunyi, apabila dari Sarangan kita masih harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 2,5 km.

Lokasi Air Terjun Tirtosari


Lokasi air terjun Tirtosari tepatnya berada di Dusun Ngluweng, Ngancar, Plaosan, Kabupaten Magetan, dan tepatnya berada di Provinsi Jawa Timur. Namun, yang medan untuk mencapai lokasi wisata cukup sulit sehingga membutuhkan perjuangan. Berjalan kaki sekitar 1 km memang bisa dibilang cukup melelahkan. Maka dari itu para pengunjung harus mempersiapkan diri sebelum berniat pergi ke Air Terjun Tirtosari ini.

Daya Tarik Air Terjun Tirtosari


Indahnya barisan dari perkebunan warga dan juga indahnya hutan pinus yang kehijauan benar-benar sangat menyejukkan mata. Di tempat wisata alam berupa air terjun ini banyak spot yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto. Maka dari itu, wisata ini sangat cocok buat wisatawan yang suka photography atau hanya sekedar ingin berselfie.

Sampai di dekat air terjun perjuangan anda bisa dkatakan belum berakhir, karena para wisatawan harus menaiki puluhan anak tangga supaya dapat melihat keindahan dari air terjun Tirtosari dari dekat. Usaha dalam menuju Tirtosari memang menjadikan kita berkeringat. Akan tetapi jika dibandingkan air terjun yang lain, jalur ini bisa dibilang lebih mudah.

Air terjun Tirtasari Magetan yang indah ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter yang diapit oleh beton. Yang tujuannya yaitu dijadikan sebagai tangga naik turun para pengunjung. Lelahnya perjalanan menaiki tangga ini pasti akan terbayar dengan pemandangan alami dari air terjun yang tersembunyi dan memiliki keindahan yang luar biasa ini.

Dianjurkan untuk anda yang ingin mengunjungi air terjun tirtosari yang ada di Magetan ini ketika musim hujan sampai kemarau awal supaya debit airnya banyak. Jadi tampak aliran air lebih deras dengan suara gemuruh air yang membuat lebih terasa cetar. Tak hanya itu saja, tumbuhan sekitar juga lebih hijau dan juga menambah kesan alami.

Fasilitas Air Terjun Tirtosari


Untuk sekarang ini tempat wisata air terjun di jatim ini sudah dikembangkan dengan sangat baik. Karena di tempat ini terlihat dari banyaknya fasilitas pendukung seperti halnya masjid, toilet dan berbagai permainan outbound yang kan menambah wisata anda semakin asyik.  Terdapat juga bumi perkemahan yang lokasinya tidak jauh dari wisata air terjun ini. Sesudah berjalan kaki cukup jauh pastinya banyak wisatawan yang lelah dan juga merasa lapar. Disini, anda tidak perlu khawatir, karena sudah disediakan warung-warung yang menjual jajanan serta makanan khas Sarangan misalnya seperti sate kelinci, jagung bakar dan lain sebagainya.

Pada saat berada di wisata air terjun tirtosari ini, sebaiknya anda bisa menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah dengan sembarangan.  Jika anda membawa sampah maka sebaiknya membuang pada tempatnya agar tidak merusak keindahan alam ini akibat sampah.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar