Lokasi dan Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung Dlingo Negeri Di Atas Awan

shares |

Yogyakarta memang benar benar istimewa karena mempunyai banyak tempat wisata hits dan bisa menarik wisatawan dari berbagai kalangan.  Nah, wilayah Yogyakarta yang saat ini banyak menghadirkan tempat wisata yang menarik adalah kawasan Bantul khususnya Dlingo. Kecamatan yang sebagian besar wilayahnya pegunungan ternyata memiliki spot spot yang sangat indah. Salah satu tempat wisata yang hits dan pastinya instagramble akhir akhir ini adalah Bukit Panguk Kediwung Dlingo. Wisata ini begitu hits dan banyak diunggah di media sosial seperti halnya wisata Puncak Watu Goyang dan wisata Pantai Cemara Sewu.




Lokasi bukit panguk Kediwung yang terletak pada bibir bukit menjadikan membuat tempat ini mempunyai banyak spot yang asik untuk hunting foto. Selain itu pengunjung juga dapat memanjakan mata dengan pemandangan alam begitu indah dengan latar pegunungan dan jug cakrawala langit biru. Yang mana, tempat ini telah disediakan beberapa gardu pandang yang menjorok ke mulut tebing sehingga yang ingin berfoto akan memperoleh angel yang begitu luas dan indah. Terlebih jika para para pengunjung mau sedikit berjuang untuk datang pagi buta, maka akan mendapat kejutan yang mengagumkan berupa selimut kabut yang begitu indah seprti ketika berfoto di Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan.

Lokasi Bukit Panguk Kediwung Dlingo


Objek wisata ini terletak di Dusung Kediwung Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, tepatnya di Puncak Bukit Batu Lawang atau sekitar 2 km dari Kebun Buah Mangunan. Objek wisata ini masih tergolong baru karena resmi dibuka tanggal 16 Mei 2016 lalu, dan belum banyak yang tahu.  Dan wisata ini menjadi semakin populer di akhir tahun 2017 ini karena wisatanya semakin lengkap dengan spot selfi yang kece dan hits.

Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung Dlingo


Guna menuju ke lokasi Bukit panguk, sebenarnya begitu cukup mudah. Yang terpenting anda tahu arah menuju ke Hutan Pinus atau Kebun Buah Mangunan. Dari arah Jogja tentu saja anda ambil arah Imogiri. Selanjutnya menuju ke Dlingo (Kebun Buah Mangunan) sudah ada papan penujuknya. Apabila anda sudah sampai di daerah sekitar Kebun Buah Mangunan, kamu bisa tanya ke warga arah ke Kediwung jika sudah sampai di Dusun Kediwung ikuti saja petunjuk arah karena sudah banyak dipasang oleh pengelola setempat. Rute jalan menuju Bukit Panguk ini cukup ekstrim sebab turunan dan tanjakkannya begitu tajam, maka untuk anda yang ingin berkunjung pastikan kondisi motor prima agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pesona Bukit Panguk Dlingo


Pemandangan yang ada di Bukit Panguk Kediwung ini memang begitu menakjubkan. Sebab dari sini pengunjung dapat melihat deretan bukit hijau yang menjulang dan berderet serta lekuk seksi aliran sungai Oya. Sedangkan untuk waktu yang tepat berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung yaitu pagi hari yang mana matahari mulai terbit, saat itu pemandangan begitu mempesona dan menawan. Selain waktu tersebut, tidak disarankan karena kalau siang udara di sini cukup panas,  karena lokasinya di bukit. Lokasi Bukit Panguk Kediwung yang berda di mulut tebing memang menjadikan pengunjung dapat dengan leluasa mengambil foto dengan beragam angle atau background. Terlebih lagi di sini ada gardu pandang menjadikan background pegunungan dan langit terasa lebih luas, serasa kita melayang .

Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Dlingo


Untuk masuk ke wisata Bukit panguk pengunjuk cukup membayar uang seiklasnya yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan wisata karena belum ada tarif retribusi, selain itu juga membayar parkir Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Fasilitas yang terdapat di Bukit Panguk ini antara lain Gazebo, dan juga terdapat warung warung makan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar