Rute dan Lokasi Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Jawa Timur

shares |

Wisata air terjun memang selalu digemari oleh para wisatawan. Air terjun Niagara yang ada di perbatasan Kanada dan Amerika serikat memang populer menjadi destinasi wisata kelas dunia. Semua orang tidak meragukan keindahan air terjun tersebut. Tapi, tak semua orang dapat menikmatinya sebab memerlukan biaya yang banyak untuk menuju kesana. Anda semua tak perlu jauh jauh pergi ke luar negeri, sebab Indonesia sudah dianugrahi pesona alam yang begitu luar biasa. Di daerah Lumajang Jawa Timur misalnya, kamu akan menjumpai air terjun yang mirip dengan air terjun niagara. Wisata ini bernama Air terjun tumpak sewu. Keindahanya dapat menyihir para pengunjung yang datang.


Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang


Air terjun tumpak sewu ini berada di Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur. Lokasinya dapat diakses baik dari arah lumajang kota ataupun dari Malang. Perjalanan menuju air terjun tumpak sewu dapat anda tempuh sekitar 1 sampai dengan 2 jam.

Rute Menuju Air Terjun Tumpak Sewu


Apabila dari kota malang, memerlukan waktu tempuk kurang lebih 2 jam-an. Rute ke air terjun tumpak sewu yaitu kota malang – bululawang – dampit - tirtomulyo - pronojiwo. Kurang lebih 100 meter sesudah tugu perbatasan Malang dan Lumajang , terdapat gang menurun di kanan jalan. Ikutilah jalan itu lalu anda akan sampai di lokasi air terjun tumpak sewu. Air Terjun Tumpak Sewu atau Grojogan Sewu bisa di akses dengan kendaraan bermotor ataupun dengan kendaraan pribadi anda.  Saat perjalanan di jamin anda tidak akan bosan menyaksikan pemandangan yang disajikan oleh alam belantara yang begitu indah. Mungkin Air Terjun Tumpak Sewu ini dapat menjadi reverensi liburan anda saat akhir pekan.

Pesona Air Terjun Tumpak Sewu


Air terjun tumpak sewu punya banyak aliran. Air itu mengalir dari atas dinding tebing yang tingginya 120 meter. Oleh karena itu, air terjun yang berada di kabupaten Lumajang ini diberi nama tumpak sewu. Jika bahasa jawa, sewu berarti seribu menggambarkan aliran air yang banyak. Lokasi air terjun tumpak sewu di Lumajang Jatim ini belakangan mulai populer di masyarakat luas. Keadaan ini tak lepas dari peran media sosial. Foto keindahan air terjun tumpak sewu sering kali diunggah oleh netizen pada media sosial serta menjadi viral. Berfoto pada pos panorama memang disuguhkan lanskap mengagumkan.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan


Air Terjun Tumpak Sewu memang punya banyak sekali aktivitas menarik yang dapat Anda coba. Aktivitas pertama yaitu menikmati pemandangan air terjun. Para wisatawan atau para pengunjung cukup berjalan kaki sejauh 400 meter untuk dapat sampai pada Pos Panorama. Pos Panorama sendiri yaitu sebuah tempat yang didesain oleh pengelola untuk para wisatawan dengan pelindung jurang yang dari bambu. Tersedia area yang lebih tinggi untuk dapat menikmati pemandangan air terjun dan mengabadikan gambar dengan latar belakang Air Terjun yang indah ini. Selain itu, aktivitas menarik lainnya yang dapat dilakukan di kawasan air terjun ini yaitu trekking dari Pos Panorama menuju lembah air terjun.

Pada lembah Air Terjun Tumpak Sewu, wisatawan akan diajak berjalan melintasi tebing-tebing yang mengapit serta menyeberang aliran sungai. Untuk rutenya, sesudah parkir kendaraan, Anda akan lewat anak tangga berundak turun pada dasar bukit. Dalam menuruni tangga sepanjang 800 meter ini, Anda tidak harus tergesa-gesa sebab kondisinya yang begitu curam mengikuti bentuk permukaan tanah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu


Tak harus mengeluarkan biaya banyak untuk menikmati panorama alam disini. Harga tiket masuk di wisata air terjun tumpak sewu ini hanya sekitar Rp 10 ribu saja. Apabila anda hendak turun ke lembah jangan datang sore hari. Karena hanya dibatasi hingga jam 3 sore untuk para pengunjung yang hendak turun ke lembah. Sedangakan, wisatawan yang hendak melakukan trekking atau petik buah salak di kebun, akan dikenakan biaya tambahan untuk pemandu wisatanya.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar