Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Tiu Pupas Wisata Paling Keren di Lombok

shares |

Lokasi Air Terjun Tiu Pupas - Berwisata di Lombok memang akan menjadi momen yang sangat menakjubkan bagi anda semuanya. Sebab Lombok memiliki tempat wisata yang bisa dikatakan sangat mempesona. Indah sekali jika dipandang mata. Wisata alamnya juga sangat bervariasi, mulai darin wisata pantai, wisata pegunungan, dan banyak juga terdapat wisata air terjun yang pastinya sangat menyejukkan mata dari para pengunjungnya.




Air terjun Tiu Pupas adalah salah satu air terjun yang ada di Lombok yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari berbagai macam wilayah dan bahkan juga didatangi oleh wisatawan yang berasal dari luar negri. Mengapa demikian?? Tidak bisa dipungkiri, sebab keindahan yang dimiliki oleh air terjun di Lombok ini memang sangat eksotis. pastinya dapat menyegarkan pikiran orang yang mengunjungi air terjun ini.

Lokasi Air Terjun Tiu Pupas


Air Terjun Tiu Pupas yang memiliki pemandangan yang menakjubkan ini terletak di Dusun Kerurak, Desa Genggaleng, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Tepatnya berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Air Terjun yang sangat unik dan indah  ini memiliki ketinggian sekitar 50 M dengan kedalaman kolam 4 M dan luas kurang lebih100 meter persegi.

Rute Menuju Air Terjun Tiu Pupas



Jaraknya kurang lebih 3,5 Km dari jalan raya ledang bagian atau 5 km. Kurang lebih dengan waktu 20 menit dari Gondang. Apabila anda dari Kota Mataram dengan jarak kurang lebih 70 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.Bisa dengan memakai kendaraan baik roda dua maupun kendaraan roda empat. Keadaan jalan untuk menuju air terjun ini dari Gondang bisa dikatakan cukup bagus serta mudah dijumpai. Sebab terdapat petunjuk arahnya. Di dalam menuju kesana sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

Sebab, belum adanya angkutan umum. Rute perjalanan yang bisa anda tempuh ke Air Terjun ini yaitu dari Mataram ke Pemenang. Selanjutnya teruskan ke Tanjung lalu menuju Gondang. Dari Gondang anda bisa ke Ledang Bagian terus selanjutnya menuju Kerurak. Nanti terdapat parkir yang berada dekat bendungan. Kemudian anda bisa berjalan kaki sekitar 15 menit menyusuri jalan setapak dengan lewat bendungan, perkampungan dan hutan lindung sampai anda akan tiba di Lokasi Air Terjun Tiu Pupas yang menyimpan pesona yang cukup indah.

Daya Tarik Air Terjun Tiu Pupas


Air Terjun ini juga punya tempat wisata lain, yang mana di tempat wisata ini ada Bendungan Buatan yang lokasi berjarak kurang lebih 400 Meter sebelum lokasi Air Terjun Tiu Pupas. Bendungan ini juga di bangun kira-kira pada saat tahun 2005 oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat pada saat tersebut. Dan salah satu tujuan utama dengan didirikannya bendungan ini antara lain yaitu untuk mengairi ratusan hektar sawah masyarakat Desa Genggelang. Anatra lain yaitu seperti Dusun Sankunkun dan Sjuga embaro. Fasilitas yang sudah disediakan di obyek wisata ini memang belum tersedia. Sebab di tempat wisata ini masih alami dan juga belum di berdayakan sebagai objek wisata seperti yang lainnya.

Air terjun yang masih baru ini memang memiliki pesona yang luar biasa. Maka dari itu, fasilitasnya belum bisa sama dengan tempat wisata yang lainnya. namun keindahan air terjun yang ada di Lombok ini tidak bisa kita abaikan. Aliran air terjun yang deras dengan batu batuan yang indah bisa anda jadikan tempat bermain air dan juga berfoto selfi dengan view yang menakjubkan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar