Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang Gunungkidul

shares |

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang - Gunungkidul merupakan kabupaten yang dijadikan sebagai tempat tujuan para wisatawan yang ingin berlibur. Keindahan alam yang ada di Gunungkidul sudah tidak bisa diragukan lagi. Banyak juga tempat wisata yang terdapat di Gunungkidul yang sudah banyak diincar oleh wisatawan dari berbagai macam daerah. Gunungkidul juga terkenal akan wisata pantainya yang sangat banyak dan masing masingnya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Salah satunya pantai Gunungkidul yang populer dan masih dikatakan baru yaitu adalah pantai watu lawang yang terletak di timur Pantai Indrayanti.




Dinamakan pantai watu lawang lantaran pantai ini sebab memiliki gua batu yang dipakai untuk sebuah upacara adat oleh masyarakat setempat. Jika dalam bahasa Indonesia watu lawang berarti batu yang menyerupai pintu. Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat gua tersebut juga termasuk napak tilas dari Prabu Brawijaya VI. Pantai ini juga terbagi menjadi dua yakni disebelah barat goa yang mempunyai area pantai tidak terlalu luas. Selanjutnya untuk disebalah timur goa dengan area pantai yang cukup luas. Spot yang menarik di pantai watu lawang ini yaitu berada di gazebo yang terletak diatas batu karang. Untuk menuju gazebo tersebut sudah dibuatkan jembatan bambu yang bagus juga untuk dijadikan spot selfi.

Lokasi dan Rute Pantai Watu Lawang



Pantai watu lawang ini terletak tepat disebelah timur pantai indrayanti dan sebelah barat pantai Pok Tunggal. Kemudian alamat tepatnya yaitu berada di Kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Apabila anda sebelumnya sudah pernah ke Pantai Indrayanti pasti tak akan merasa kesulitan untuk menemukan Rute jalan menuju pantai watu lawang ini. Setelah sampai di pantai indrayanti anda dapat berjalan ke arah timur sekitar 800 meteran. Kemudian lihatlah plang petunjuk jalan menuju ke pantai watu lawang. Dari sini berjalan lagi ke arah selatan kurang lebih sekitar 200 meter. Jalan menuju lokasi pantai watu lawang memang masih sempit dan tidak beraspal sehingga hanya cukup untuk berjalan satu mobil saja.

Akses Untuk menuju ke Pantai Watu Lawang ini dari pantai indrayanti cukup berjalan ke timur kurang lebih 10menit jika kita menggunakan kendaraan kita, Untuk kondisi jalanannya sendiri sudah beraspal kemudian di teruskan dengan jalan corblok yang kelihatannya masih baru. Jarak tempuh Pantai Watu Lawang ini dari Jogjakarta kurang lebih sekitar 70km.

Pesona Pantai Watu Lawang


Pantai Watu Lawang sendiri memiliki pesona dengan ciri khas yang sangat unik dan berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Sebab pantai ini hadir dengan pasirnya yang lembut dan putih juga kita bisa mendapati cekungan-cekungan batu karang yang hanya bisa di jumpai di pantai ini. Jadi kita bisa bermain air dan tidak perlu sampai tengah dengan memanfaat kan cekungan ini. Menariknya di cekungan tersebut ada banyak ikan-ikan kecil yang terjebak di dalamnya. Pantai  di Gunungkidul ini juga dapat dipakai untuk camping juga bisa untuk menyaksikan matahari terbit. Akan tetapi untuk peralatan camping anda sebaiknya membawa sendiri, sebab disini belum disediakan tempat persewaan.

Selain keunikan tersebut pantai ini juga sangat cocok digunakan bersantai saat Anda membutuhkan ketenangan ketika Anda sedang sibuk dengan rutinitas kerja Anda. Oleh sebab itu jika anda ingin fresh kembali silahkan datang di wisata pantai ini karena masih belum ramai oleh wisatawan. Di pantai ini juga sudah terdapat gardu pandang untuk wisatawan ya seperti gazebo itu dan cocok ketika kita bersantai di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang


Pantai watu lawang masih menjadi satu dengan kawasan pantai di gunung kidul lain. Jadi dengan membayar retribusi sebesar Rp 10 ribu anda dapat menikmati pantai watu lawang dan pantai pantai lainya seperti pantai indrayanti, pantai pok tunggal, pantai kukup dan lain sebagainya. Fasilitas di pantai watulawang ini lumayan lengkap seperti warung makan,kamar mandi, tempat parkir, dan gazebo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar