Lokasi Gua Salukang Kallang, Surganya Alam Bawah Tanah Maros

shares |

Kekayaan alam Indonesia memang sudah diakui oleh dunia.  Sebab, banyak sekali obyek wisata alam yang disuguhkan dan semakin populer saat ini. Di setiap wilayah yang ada di Indonesia ini memiliki pesona sendiri yang sering menarik perhatian para wisatawan mancanegara.  Begitu juga dengan wisata yang ada di kabupaten Maros. Ada keunikan di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) yang mempunyai tempat yang menarik.  Di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung terdapat obyek wisata Gua Salukang Kallang yang sangat eksotis dan termasuk gua terpanjang di Indonesia.

tendon.id


Gua Salukang Kallang Maros ini merupakan kekayaan serta keindahan alam yang terdapat di Kabupaten Maros. Walaupun Maros sebenarnya lebih terkenal akan Bantimurung, gugusan Karts serta tempat wisata alam hutan dan juga banyak gua. Akan tetapi yang tdinilai erbaik dari seluruh Gua tersebut yaitu Gua Salukang Kallang. Hal ini disebabkan karena Gua Salukang Kallang ini memiliki keindahan nyang luar biasa. Bahkan sampai dijuluki sebagai  surge bawah tanah masyarakat sekitar. Sebab, gua yang indah iini ini terletak dibawah tanah dan di dalamnya banyak seklai menyimpan keindahan yang diibaratkan seperti surga.

Lokasi Gua Salukang Kallang


Untuk lokasi gua ini tepatnya berada di Desa Labuaja, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Karena merupakan gua yang terpanjang di Indonesia, Gua Salukang Kallang ini mempunyai panjang lebih dari 27 kilometer. Paling tidak, terdapat empat pintu masuk yang tersedia untuk menyusuri gua ini.  Lokainya yang dinilai strategis yaitu berada di jalan poros Kabupaten Maros-Kabupaten Bone. Yang jarak nya dari Kota Maros sekitar 25 km. Anda semua juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak kurang lebih sekitar 1,5 km.

Pesona Gua Salukang Kallang


Gua ini dijuluki oleh masyarakat setempat sebagai surga alam bawah tanah dengan destinasi wisata gua terindah. Untuk kedalaman gua sendiri diperkirakansekitar 26 km. Yang mana, goa ini termasuk goa vertikal/horizontal. Gua Salukang Kallang ini juga merupakan gua yang terbentuk dari batuan kars yang terdapat pada kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Apabila anda semua hendak menyusuri menelusuri surga alam bawah tanah ini. Maka, sebaiknya anda menuruni mulut gua sedalam 8 meter dengan memakai peralatan caving (susur gua) serta Rappeling (turun dengan menggunakan tali). Yang mana tujuannya untuk keselamatan diri serta proses penurunan.

Ornament-ornament yang sangat indah bisa anda saksikan apabila anda berada di dalam goa. Yang mana tidak semua goa yang ada di indonesia mempunyai keindahan yang ada di Goa Salukang Kallang ini. Keindahan gua tidak hanya itu saja, sebab juga dilengkapi dengan aliran sungai yang sangat jernih. Banyak juga bintang-bintang endemik yang bisa menghipnotis para wisatawan hingga para peneliti untuk berpetualang dalam menelusuri goa ini. Sesudah anda semua menuruni gua ini, anda akan membuktikan jika tempat ini betul-betul surga yang terdapat di bawah tanah. Sebab, apabila anda telah sampai di dalam gua, anda semua akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah, diantaranya yaitu ornament yang sangat-sangat indah.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa menikmati keindahan gua yang ada di dalamnya ada Mutiara Gua, Mount Milk, Gorden, Stalakti, serta Stalakmid. Untuk anda semua yang berpetualang kesini anda juga akan merasa segar dan tenang.  Sebab, wisata gua ini sangat gelap dan harus diterangi dengan senter atau headlamp. Tak hanya kegelapan tersebut, disini anda bisa mendengar suara aliran sungai di dalam gua. Dan semua itu akan memberikan suasana yang segar dan juga tenang.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar