Lokasi dan Rute Wisata Punthuk Mongkrong Magelang Jawa Tengah

shares |

Lokasi dan Rute Punthuk Mongkrong - Magelang selalu menampilkan tempat wisata keren sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Terdapatnya situs sejarah yang menjadi keajaiban dunia Candi Borobudur, menjadikan nama Magelang populer di seluruh dunia. Akan tetapi, seperti yang kita tahu, selain Borobudur ada banyak tempat wisata di Magelang yang tidak kalah menarik. Misalnya seperti Ketep Pass,  Punthuk Mongkrong, Punthuk Sukmojoyo, Punthuk Setumbu serta Punthuk Gupakan. Salah satu tempat wisata alam di Magelang yang punya pemandangan tidak kalah indah yaitu Punthuk Mongkrong. Wisata ini berupa sebuah bukit yang punya ketinggian kurang lebih 624 Mdpl. Punthuk Mongkrong juga menyuguhkan pemandangan alam Magelang dengan gunung-gunung yang menjadi backgroundnya.


Wisata Punthuk Mongkrong akan ramai dikunjungi saat matahari mulai tenggelam. Meskipun demikian, nyatanya pemandangan matahari terbit pada tempat wisata Magelang ini juga tak kalah mempesona. Kemudian di puncak Punthuk Mongkrong juga ada sebuah jembatan yang dibangun dari bambu. Jembatan ini membentuk huruf V yang menjorok ke jurang. Tempat inilah yang menjadi spot foto paling favorit untuk wisatawan. Namun yang harus diingat, sebab jembatannya dibangun dari bambu, kapasitas maksimal hanya bisa 2 orang saja. Dan kita harus bergantian dengan wisatawan lainnya untuk dapat berfoto di tempat ini.

Lokasi dan Rute Punthuk Mongkrong


Lokasi Punthuk Mongkrong tepatnya pada area perbukitan sebelah barat daya Taman Wisata Candi Borobudur.  Pasnya di perbukitan Menoreh wilayah kabupaten Magelang. Rute untuk menuju Punthuk Mongkrong dari Candi Borobudur diawali dari menyusuri jalan beraspal yang berada disamping bangunan Manohara Resort Borobudur. Kemudian ikutilah jalan beraspal tersebut menuju pada arah Majaksingi atau Hotel Amanjiwo Resort. Pada waktu memasuki perempatan sebelum SDN Tuksongo I, ambil jalan ke arah kanan menuju perempatan Gunden. Dari perempatan Gunden anda bisa memilih jalan ke arah kiri menuju ke Balai Desa Giritengah.

Papan penunjuk arah untuk menuju wisata Punthuk Mongkrong Magelang telah dijumpai pada sekitar Balai Desa Giritengah. Dan dari tempat ini perjalanan baru setengah jalan. Dan tantangan menuju ke puncak bukti ini baru akan dimulai. Perjalanan menuju Punthuk Mongrong dari Balai Desa Giritengah untuk saat ini hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua saja. Kondisi kendaraan roda dua ataupun motor diharapkan benar-benar prima dan juga normal.

Keindahan Wisata Punthuk Mongkrong


Punthuk Mongkrong berada di atas bukit, dan disana kamu akan disambut dengan pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi serta Gunung Merbabu. Tidak hanya memiliki pemandangan yang luar biasa, namun di lokasi Punthuk Mongkrong di Desa Giritangah juga populer dengan budidaya lebah madu. Punthuk Mongkrong juga sebagai lokasi yang strategis guna menyaksikan keindahan sunrise dan juga sunset. Maka tak bisa dipungkiri, banyak orang yang berkunjung pada saat sunrise dan saat sunset. Maka agar hasil foto anda di Punthuk Mongkrong tambah keren, lebih baik berkunjung ke sini pada waktu sunset dan juga sunrise.

Matahari terbit dan terbenam  itu akan menjadi lebih mempesona karena dilatarbelakangi dengan kemegahan bangunan Candi Borobudur, Punthuk Sukmojoyo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi serta Pegunungan Menoreh. Guna menikmati landscape yang terlihat sangat juga menawan tersebut, disediakan tempat duduk yang dibangun dari kayu. Pastinya wisata di sini akan terasa mengasyikan untuk anda. Nah, jika berkunjung ke sini jangan lupa bawa handphone atau kamera biar gak nyesel. Selain itu, jika berkunjung di tempat wisata Jawa Tengah ini jangan membuang sampah sembarangan, agar tetap terjaga kebersihannya.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar