Lokasi dan Rute Air Terjun Jumog Dengan Pesona Yang Menakjubkan

shares |

Lokasi dan Rute Air Terjun Jumog - Air Terjun Jumog merupakan salah satu daya tarik wisata air terjun di lereng Gunung Lawu. Dan salah satunya adalah Air Terjun Jumog. Daya tarik utama air terjun ini adalah jatuhan air terjun terbelah dan menjadikannya semakin cantik. Keindahannya pantas dibandingkan dengan wisata air terjun yang populer di sekitar Karanganyar yaitu Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu. Kabupaten Karanganyar di daerah pegunungannya memiliki pemandangan yang sangat menawan. Memang pantas apabila kabupaten ini menjadi destinasi wisata para pengunjung yang bermukim di Karesidenan Surakarta. Air Terjun Jumog menjadi alternatif wisata air terjun yang memiliki pesona tersendiri.


Lokasi dan Rute Air Terjun Jumog


Air Terjun Jumog lokasinya berada di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi Air Terjun Jumog posisinya di lereng Gunung Lawu wilayah kabupaten Karanganyar. Jika dari solo, jaraknya dari solo kira-kira 40 Km. Jika anda menggunakan kendaraan umum dari solo bisa naik bus umum dari solo, untuk menuju terminal karangpandan ( yaitu Jurusan Tawangmangu). Setelah itu anda bisa naik bus kecil dengan jurusan Nglorog (Candi Sukuh) ataupun terminal kemuning di wilayah Candi Cetho. Kemudian, untuk masuk ke sekitar Jumognya anda dapat memakai jasa ojek.

Apabila memakai kendaran pribadi. Jika dari Kota Solo dapat menempuh perjalan arah menuju ke Tawangmangu. Sesudah sampai di terminal Karangpandan, lurus saja sekitar 200 meter lalu, ambil belokan yang ke kiri. Sebab yang ke kanan arah ke Tawangmangu. Ikuti jalan itu hingga dengan pertigaan pertama lalu ambil belok kanan atau lihat papan penunjuk jalan yang telah tersedia.  Memasuki kawasan wisata Air Terjun Jumog ini , suasana sudah tampak sejuk serta tenang. Sebab tidak ramai oleh pengunjung. Area parkir juga tidak cukup luas dan hanya bisa ditempati untuk beberapa kendaraan beroda empat saja atau kendaraan bus kecil.

Dari area parkir anda biasanya langsung disambut dengan pos retribusi masuk wisata Air Terjun Jumog. Untuk masuk di Air Terjun Jumog ini, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar 3000 rupiah saja, dan parkir sebesar 1000 rupiah saja. Sesudah anda membayar retribusi masuk dan mengisi buku tamu, para pengunjung diharuskan berjalan menuruni tebing. Keadaan jalan setapak yang menuruni tebing masih lumyan bagus. Dilengkapi dengan pagar yang masih kokoh menjadi pengaman pengunjung dari tebing yang amat curam.

Pesona Air Terjun Jumog


Pemandangan air terjun Jumog tampak indah sekali. Sebab pancaran air terjun ini terbelah menjadi dua bagian. Suasana juga terasa sejuk serta segar ditambah dengan lingkungan yang terlihat bersih. Ketinggian air terjun yang tidak begitu tinggi menjadikan beberapa pengunjung berada mendekati area dibawahnya dan kemudian bermain air.

Debit air terjun Jumog lumayan tinggi, jadi terdengar bunyi air jatuh yang keras. Namun, menjadikan suasana menjadi damai. Debit air ini tidak dipengaruhi oleh musim sebab tampak deras pada saat musim kemarau. Meskipun kapasitasnya berkurang sedikit. Bisa dilihat upaya pengelola objek wisata Air Terjun Jumug cukup serius dalam menjaga kebersihan.

Fasilitas dan Akomodasi


Obyek wisata alam Jumog telah menyediakan fasilitas lengkap. Antara lain adalah : Arena permainan anak, Kolam renang yang masih segar dan cukup besar, gazebo, rest area, rumah makan dan juga hiburan. Tersedia juga akomodasi home stay dengan tarif kira-kira 50-250 ribuan untuk tiap malamnya. Nah, untuk makanan khas yang paling populer dan enak di sana yaitu Sate ayam dan sate kelinci. Harga yang ditawarkan warung-warung makan tersebut begitu terjangkau dan daftar harganya juga cukup jelas.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar