Lokasi dan Rute Coban Parang Tejo dengan Pesona Yang Mengagumkan

shares |

Lokasi dan Rute Coban Parang Tejo - Untuk mengisi hari libur anda, anda bisa mengunjungi tempat wisata alam yang bernama Coban Parang Tejo. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter dengan kucuran air yang halus. Air terjun ini letaknya berada di lereng Gunung Butak yang membentuk aliran Sungai Metro di perbatasan Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang mengalir smpai dengan Kabupaten Blitar.

Selain menawarkan sensasi pemandangan air terjun berlapis dan kelembutan alirannya, coban ini juga menyajikan adanya penampakan warna-warni pelangi. Pada umumnya, pemandangan itu terjadi pada saat musim kemarau dalam kondisi matahari tengah terik. Biasan sinar matahari oleh percikan air terjun yang halus menciptakan saputan melengkung spektrum warna-warni. Karenanya air terjun ini  dinamai dengan Parang Tejo. Parang ini bermakna tebing, kemudian Tejo bermakna pelangi.

Lokasi Coban Parang Tejo

Air Terjun Coban Parang Tejo ini lokasinya berada di dusun Princi, Desa Gadingkulon, kecamatan Dau Kabupaten Malang. . Dan berjarak sekitar 20 km dari kota malang atau 21 km dari kota Batu.  Apabila dari kawasan wisata Bedengan sejauh + 1 Km  melalui hutan lindung. Perjalanan dari Kota Malang menuju Desa Gadingkulon dapat melalui beberapa alternatif rute dengan menggunakan kendaraan bermotor.  Kondisi atau keadaan jalan menuju kesana sudah cukup baik dan beraspal mulus.

Rute Coban Parang Tejo

Perjalanan dari Kota Malang dan Kota Batu menuju Desa Gadingkulon dapat ditempuh melalui beberapa rute pilihan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Jika dari perempatan Dieng Plaza ke arah barat – Universitas Merdeka Malang – Perumahan Dieng – Pangkalan Mikrolet. Kemudian Kalisongo – Petungsewu – Tegalweru – Pertigaan Dukuh Sempu ke kiri – Desa Gadingkulon – Dukuh Princi. Atau mungkin Anda dapat mencoba rute dari Museum Brawijaya – Jl. Bondowoso – Jl. Tidar – Jl. Puncak Mandala – Jl. Puncak Yamin – Jl. Esberg – Pangkalan Mikrolet AT – Jl.  Setelah itu Candi V D – Karangwidoro – Petungsewu – Tegalweru – Pertigaan Dukuh Sempu ke kiri – Desa Gadingkulon – Dukuh Princi.

Anda bisa juga melewati jalur dari jalan antar kota Malang-Batu – Pemandian Sengkaling ke barat  selanjutnya di pertigaan Polsek Dau kiri – perempatan Semanding ke kiri – Asrama Putri Arrohmah – Dukuh Sempu lurus – Desa Gadingkulon – Dukuh Princi. Sedangkan, Anda yang dari Kota Batu silahkan melalui jalur dari Batu Night Spectacular (Jl. Raya Oro-Oro Ombo) – Jl. Raya Tlekung – Jl. Raya Junrejo – Monumen Jun – Sumbersekar – Pertigaan Sumberseka Dau ke kanan – Gadingkulon belok ke kanan – Dukuh Princi.

Akses Jalan Coban Parang Tejo

Sesampainya di Dukuh Princi, yaitu dukuh paling barat Desa Gadingkulon, Anda dapat menitipkan kendaraan di rumah penduduk setempat dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak naik turun bukit, menyisir jurang hingga lokasi Coban Parang Tejo berada.

Guna mencapai lokasi coban ini tidaklah sulit. Dari perkampungan penduduk di Desa Gadingkulon, lokasinya hanya berjarak 1,5 kilometer. Sepanjang 1 kilometer dapat dilalui dengan kendaraan bermotor, tidak harus kendaraan jenis trail. Sesudah menitipkan kendaraan, Anda harus menempuh 500 meter yang tersisa dengan berjalan kaki pada jalan setapak untuk menuju coban tersebut.

Perjalanan untuk mencapai lokasi air terjun di Jawa Timur yang bernama Coban Parang Tejo ini cukup menyenangkan. Di sepanjang perjalanan, Anda bisa menikmati pemandangan indah perbukitan nan hijau kawasan hutan lindung di sisi kiri dan kanan jalan. Rimbunnya tanaman pinus dan pepohonan rimba yang cukup sejuk akan menemani perjalanan Anda. Meski perjalanan ini hanya butuh waktu kurang dari satu jam saja, Anda harus tetap berhati-hati untuk mencapai lokasi ini, karena sebagian jalanan setapaknya berbatasan langsung dengan jurang yang dalam.