Lokasi dan Rute Pantai Pulau Kalong Wisata Yang Selalu Hits

shares |

Lokasi dan Rute Pantai Pulau Kalong - Jogja terkenal akan beragam destinasi wisata alam berupa pantai yang membentang luas di sekelilingnya. Maka tak lengkap rasanya jika datang ke Jogja tanpa berkunjug ke wisata pantainya. Adapun salah satu wisata pantai yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, sahabat, maupun rekan kerja anda, yaitu Pantai Pulau Kalong. Wisata Pantai Pulau Kalong ini juga sering disebut dengan nama Pantai Pulau Gelatik. Pantai Pulau Kalong ini termasuk wisata baru yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul.




Wisata Pantai Pulau Kalong sebenarnya berseberangan dengan Pantai Sinden. Sekilas, Pantai Pulau Kalong ini tampak seperti kawasan wisata Pantai Timang yang ada pulau di tengah-tengah lautnya. Wisata Pantai Pulau Kalong ini menawarkan keunikan dan daya tarik tersendiri. Terlebih lagi, lokasi menuju wisata Pantai Pulau Kalong terbilang mudah ditemukan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja ulasan lengkap mengenai wisata Pantai Pulau Kalong dibawah ini.

Daya Tarik Pantai Pulau Kalong


Berbeda dengan deretan wisata pantai lain yang ada di Gunungkidul, Pantai Pulau Kalong tidak memiliki pasir putih. Wisata Pantai Pulau Kalong ini justru terdapat tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Di Pantai Pulau Kalong ini, anda bisa mencoba wahana kereta gantung dan jembatan gantung untuk digunakan menyeberang ke Pulau Kalong. Wahana Pantai Pulau Kalong ini sangat cocok untuk anda yang suka menantang adrenalin.

Kereta gantung dan jembatan gantung di Pantai Pulau Kalong umumnya dimanfaatkan warga setempat untuk mencari ikan serta lobster. Keunikan lain dari Pantai Pulau Kalong ini yaitu adanya semak belukar yang hijau menyelimuti pulaunya. Wisata Pantai Pulau Kalong ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki beragam spot foto keren. Apabila anda tidak cukup nyali untuk mencoba kereta gantung maupun jembatan gantungnya, anda berfoto selfie saja.

Penamaan Pantai Pulau Kalong itu sendiri dikarenakan pulau karang ini konon banyak terdapat kelelawarnya atau dalam bahasa Jawa bernama kalong. Sementara untuk penamaan Pulau Gelatik dikarenakan dahulu banyak burung gelatiknya. Destinasi wisata Pantai Pulau Kalong ini menjadi tempat favorit para pemancing dikarenakan ukuran ikannya yang besar dan banyak spot keren.

Lokasi dan Rute Pantai Pulau Kalong


Pantai Pulau Kalong berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk anda yang ingin menuju Pantai Pulau Kalong, anda sebaiknya ikuti rute Pantai Wediombo dan Jungwok. Adapun rutenya yaitu :

Jogja > ring road Ketandan > Wonosari > perempatan Sampaan > pertigaan Piyungan > Bukit Bintang > Patuk > pasar buah Sambipitu > pertigaan Sambipitu (lurus) > hutan Bunder > lapangan terbang Gading > pertigaan sesudah lapangan terbang Gading belok ke kiri menuju kota Wonosari > Playen > bundaran Siono lurus menuju kota Wonosari > Pemda Wonosari > pasar hargosari > jalan pertigaan sebelum Polres Gunungkidul belok ke kanan menuju jl Baron > Karangrejek > Mulo (pertigaan ambil kiri menuju Pantai Wediombo) > Bintaos > Tepus (pertigaan ambil kiri menuju Pantai Wediombo) > Purwodadi > pertigaan belok kanan ke Pantai Siung ambil lurus > balai Desa Balong > Jepitu (pertigaan di depan pasar ambil kanan ke Wediombo dan Jungwok ) > TPR > sebelum tiba di Wediombo belok kiri ke Pantai Jungwok (lihat plakat) > Pantai Jungwok > Pantai Pulau Kalong.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Kalong


Untuk anda yang ingin memasuki kawasan Pantai Pulau Kalong, anda harus membayar retribusi tiket masuk sebesar Rp. 6.000 termasuk Pantai Sinden dan Pantai Jungwok. Sementara untuk anda yang ingin menyeberangi jembatan gantung, anda akan dikenai tarif sebesar Rp. 25.000.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar