Lokasi dan Rute Puncak Gunung Ireng Patuk Gunungkidul Yang Mempesona

shares |

Gunungkidul memang merupakan kawasan yang sudah sangat terkenal akan keindahan alamnya. Banyaknya tempat wisata yang ada di wilayah Gunungkidul ini juga menjdi alasan mengapa Kabupaten ini selalu banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan dari negara sendiri atau pun wisatawan mancanegara. Dan saat ini Gunungkidul juga tidak berhenti menghadirkan tempat wisata yang pastinya hits untuk berbagai kalangan, terutama kalangan anak muda.  Nah, selain taman bunga Amarilis yang ada di patuk Gunungkidul, saat ini ada juga wisata yang ada di Patuk yang menawarkan keindahan alamnya yang saat ini menjadi hits dan foto nya juga sudah banyak tersebar di media sosial khususnya di Instagram.




 Sebagai kawasan Gunung seribu Gunungkidul mempersembahkan lokasi wisata alam pegunungan yang dapat membuat wisatawan terpesona. Seperti halnya Puncak Gunung Ireng Patuk Gunungkidul. Puncak Gunung Ireng Patuk Gunungkidul ini menyuguhkan daya tarik bagi wisatawan.Antara lain menjadi tempat melihat sunrise (matahari terbit). Keindahan semburat  warna langit yang seolah menyala dari ujung timur dan suasana kabut menyelimuti Gunung Ireng dan udara yang masih sangat sejuk membuat betah di atas Puncak ini.

Lokasi Gunung Ireng Pengkok Gunungkidul


Lokasi Gunung Ireng tepatnya berada di di Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul. Sebagai wisata pegunungan, Gunung Ireng menawarkan pemandangan alam yang begitu luar biasa berupa pemandangan hamparan sawah luas yang nampak sangat menarik berada di tengah-tengah pedesaan yang tentu saja tidak kalah seru dengan wisata alam perbukitan di Gunungkidul yang lainnya. Indahnya pemandangan alam di sini akan menjadikan anda semakin nyaman berlama lama berada di wisata alam indah dan eksotis ini. Puncak Gunung Ireng Pengkok Gunungkidul ini memiliki daya tarik untuk wisatawan yaitu sebagai tempat melihat sunrise atau matahari terbit. indahnya pemandangan langit yang seakan menyala dari ujung timur.

Rute Menuju Gunung Ireng Pengkok Patuk


Untuk menuju ke tempat wisata alam puncak Gunung Ireng, pengunjung dari arah mana saja untuk menemukan perempatan Radio GCD kemudian belok kiri untuk yang datang dari arah Wonosari, atau belok kanan bagi yang datang dari arah Yogyakarta. Dari arah perempatan Radio GCD, arahkan ke Desa Pongkok untuk selanjutnya menemukan Balai Desa Pongkok. Setelah itu ke pertigaan Kebon kuning anda bisa ambil arah kanan hingga menemukan gapura Gunung Ireng yang  berwarna hijau. Tempat wisata Gunung Ireng dikelola oleh warga sekitar, meski begitu tempat ini begitu bersih sehingga pengunjung disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena, sampah yang dibiarkan berserakan akan menjadikan alam yang indah ini menjadi kehilangan keindahannya dan juga kenyamanannya.

Pesona Puncak Gunung Ireng


Keindahan Gunung Ireng ini bagus dinikmati saat Pagi hari. Setelah parkir kendaraan wisatawan hanyak perlu berjalan setapak yang tidak terlalu jauh dari parkiran. melewati sedikit hutan wisatawan pun akan di bawa sampai ke Puncak Gunung Ireng. Sesampai di puncak kita pun di perlihatkan dengan suasana alam yang sangat indah. Dengan pemandangan di lokasi yang hijau dan di sekitar Gunung masih banyak kabut ketika pagi hari, sedangkan sang Surya dengan kilaunya yang menyinari bumi dari ujung timur indahnya bagaikan lukisan sang Maha Pencipta.   Gunung Ireng ini tidak sama halnya dengan Gunung-gunung pada umumnya yang ada di Gunungkidul. Gunung Ireng ini merupakan puncak tertinggi di dusun Srumbung, Patuk. Gunung Ireng ini batuannya hampir sama dengan Gunung Api Purba Nglanggeran dan Gunung Api Purba Batur. Mempunyai batuan yang sama seperti Gunung Berapi atau batuan vulkanis.

Harga Tiket Masuk Gunung Ireng


Untuk pengunjung yang masuk ke area tempat wisata baru  Gunung Ireng ini diharuskan membayar tiket sebesar Rp 5000, yang merupakan tiket masuk sekaligus biaya parkir. Cukup murah untuk obyek wisata menarik seperti Gunung Ireng ini. Dengan biaya murah anda sudah dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dan bisa berfoto selfie dengan pemandangan yang indah.


Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar