Lokasi dan Rute Obyek Wisata Air Terjun Lepo Di Dlingo Bantul

shares |

Lokasi dan Rute Air Terjun Lepo - Jogja memang banyak tempat wisatanya. Salah satu air terjun yang masih hits di akhir tahun 2017 ini adalah air terjun Lepo. Banyak yang menilai jika air terjun yang satu ini punya karakteristik yang sama seperti air terjun terkenal di negara Thailand yaitu Erawan Falls. Air Terjun Lepo atau yang popular disebut dengan nama Air Terjun Ledok Pokoh merupakan salah satu air terjun yang masih alami dan menjadi tempat wisata baru di Jogja. Wisata Air Terjun Ledok Pokoh ini termasuk salah satu wisata air terjun yang cukup terkenal pada kabupaten Bantul. Air terjun ini sudah dibuka sejak dua tahun lalu atau sekitar tahun 2013 namun masih hits sampai saat ini. Sekarang ini mampu menarik minat wisatawan dalam berkunjung pada  wisata air terjun ini dan ramai pengunjung  waktu akhir pekan. Kondisi Air Terjun Grojogan Lepo masih cukup alami serta mempunyai beberapa tingkatan air terjun.


Air terjun ini sudatelah  dikelola warga setempat dengan sangat baik dengan penataan batu-batu pada sekitar air terjun yang menggampangkan pengunjung untuk turun dari satu tingkat pada  tingkat di bawahnya. Pada tingkat pertama punya ketinggian air terjun sedang. Dengan kolam yang punya kedalaman sekitar setengah meter. Pengunjung  bisa duduk pada sekitar kolam sambil merendam kaki atau berpose pada  air terjun kecil yang ada. Warga sekitar menamakan kolam di bawah air terjun ini dengan julukan curug.

Lokasi dan Rute Air Terjun Lepo


Lokasi Air Terjun Grojogan Lepo ada di wilayah kecamatan Dlingo kabupaten Bantul. Rute terdekat untuk menuju ke Air Terjun grojogan Lepo dari pusat kota Yogyakarta melalui Jalan Imogiri Timur dari Terminal Giwangan hingga tiba pada sebuah pertigaan jalan pada selatan Pasar Imogiri. Pilihlah jalan ke kiri selanjutnya ambil ke arah kanan menuju ke arah Kebun Buah Mangunan dan juga Dlingo. Dari persimpangan jalan di Mangunan bisa ambil jalan ke arah pusat kecamatan Dlingo atau arah pasar Dlingo. Sebelum anda masuki pada sebuah pasar, ada jalan ke arah kanan kemudian ikuti papan petunjuk jalan menuju pada Air Terjun Grojogan Lepo.

Akses jalan dari pusat kota Yogyakarta sampai kota kecamatan Dlingo telah diaspal baik serta lebar. Tapi beberapa ratus meter memasuki  jalan yang melintasi perkampungan penduduk, keadaan jalan masih sempit serta sebagian masih berupa jalan cor semen. Pengunjung  akan terasa mudah dalam mengakses tempat ini dengan kendaraan roda empat ataupun menggunakan  kendaraan roda dua  sebab medannya tidak menyulitkan. Belum ada kendaraan umum menuju pada tempat ini kecuali menyewa ojek motor dari wilayah Imogiri.

Keindahan Air Terjun Lepo


Wisata alam Dlingo yang berupan air terjun ini indah sekali dan juga cukup aman untuk kolam bermain anak-anak. Air terjun ini dikelilingi dengan tebing batu kapur dengan tekstur yang unik membuatnya seperti air terjun pribadi yang cocok dinikmati satu dua orang saja. Curug pada air terjun ini pun tidak dalam jadi kita dapat melihat dasarnya. Airnya yang jernih serta kombinasi bentuk batuan kapur yang unik menjadikannya terlihat cantik dan memikat.

Di tingkat yang kedua mempunyai  sisi yang lebih curam serta licin. Untuk mencapainya pengunjung harus berhati-hati melintasi  jalanan batu yang curam pada sisi air terjun. Kedalaman air di tingkat kedua cukup dangkal, yaitu setinggi lutut orang dewasa. Di sini bebatuan yang ada seperti  dibuat oleh manusia. Bentuknya  balok-balok besar yang telah tersusun rapi. Sama halnya dengan tingkatan pertama, air terjun yang ada pada tingkatan kedua ini juga dapat dipakai untuk bermain air.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar