Lokasi dan Rute Wisata Taman Sungai Mudal Di Kulonprogo

shares |

Lokasi dan Rute Taman Sungai Mudal - Kulon progo, merupakan kabupaten paling barat di jogja yang memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Sekarang ini, di kulon progo terkenal dengan tempat wisata kalibiru. Namun kulon progo masih banyak menyimpan wisata alam yang tak kalah indah. Diantaranya yaitu Taman Sungai Mudal atau lebih di kenal dengan tuk mudal. Memang Taman Sungai Mudal adalah sebuah taman air yang didirikan dengan swadana oleh masyarakat sekitar taman sungai tuk mudal. Yang bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata di daerah kulon progo. Taman Sungai mudal ini merupakan sebuah taman sungai yang merupakan air terjun dan kolam alami yang airnya yang berwarna biru bening.


Lokasi Taman Sungai Mudal


Taman sungai Mudal dengan administratif berada tepat di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Dan lebih tepatnya lagi berada pada barisan bukit menoreh. Apabila anda sedang berada di jogja lihatlah ke arah  barat maka akan terlihat pegunungan menoreh yang telah terbentang sepanjang Kulon progo. Rata-rata untuk ketinggian perbukitan menoreh lebih dari 2000 mdpl.

Rute Menuju Ke Taman Sungai Tuk Mudal


Rute untuk menuju tempat wisata taman sungai mudal dari kota jogja memang cukup mudah. Dari kota jogja bisa langsung langsung saja menuju ke jalan godean. Dan dari jalan godean sebaiknya lurus saja ke arah barat menuju arah kulon progo kurang lebih 30 kilometer. Anda semua tidak perlu belok-belok, sebab jalan nya lurus terus nanti akan masuk ke kulon progo. Sesudah anda melewati jembatan sungai progo masih jalan lurus. Dan sesudah anda melewati lampu merah perjalanan selanjutnya menaiki perbukitan menoreh. Apabila bertemu petigaan di atas bukit ambil kanan untuk menuju goa kiskenda. sesudah melintasi lokasi wisata goa kiskenda. Ambilah kiri menuju wisata taman sungai mudal. Kemudian perjalanan jaraknya sudah tidak jauh lagi.

Pesona Taman Sungai Mudal


Aktivitas yang bisa anda lakukan di wisata air ini yaitu berenang, bersantai, ngadem atau sebatas berphoto. Keindahan Taman Sungai Mudal sangat cocok jadi latar belakang penghias photo pada Instagram anda. Taman Sungai Mudal ini dikelola dengan cara swadaya dari orang-orang setempat.Untuk sarana masih akan selalu diperkembang. Wisata Taman Sungai Mudal ini sangat cocok  anda kunjungi saat musim hujan seperti saat ini. Debet airnya akan terus bertambah tapitidak membahayakan. Ada juga  bunga-bunga anggrek yang mekar menemani perjalanan anda bakal buatmu kerasan berlama-lama. Untuk anda yang tidak bisa berenang, main airnya bisa ditepian. Tak hanya dimanjakan dengan birunya air, anda bisa juga menyaksikan gazebo-gazebo beratap ijuk serta ruang camping ground dengan latar tebing batu Gunung Kelir. Jika beruntung, anda akan menyaksikan kera ekor panjang yang sedang mencari makan.

Fasilitas Taman Sungai Mudal


Fasilitas di wisata taman sungai mudal ini masih terbilang sederhana. Namun di tempat ini sudah tersedia kamar mandi dan tempat istirahat berupa gazebo. Akan tetapi untuk jumlah nya masih begitu minim, Sehingga, pada saat musim liburan pengunjung harus antri untuk ke kamar mandi untuk sekedar ganti baju. pada sekitaran taman sungai mudal ini sudah ada  beberapa penjual makanan ringan serta makanan khas kulon progo yaitu geblek serta tempe benguk. Untuk para pengunjung yang datang ke taman sungai tuk mudal ini di harapkan membuang sampah yang berupa bekas bungkus makanan dan minuman di tempat sampah. karena jika kita membuang sampah di sembarang tempat, maka tempat wisata ini tidak akan terjaga kebersihannya.

Harga Tiket Masuk


Harga tiket masuk untuk ke tempat wisata Taman Sungai Mudal belum dipungut biaya atau disebut gratis. Pengujung hanya akan di kenakan biaya parkir kurang lebih sebesar Rp.2000,00 untuk motor dan Rp.5000,00 untuk kendaraan roda empat. dan pastinya bukan hal yang mahal, untuk menikmati surga dunia yang tersembunyi pada balik barisan bukit menoreh ini.

Related Posts

1 komentar