Lokasi dan Rute Puncak Damar Jatigede Sumedang

shares |

Pada lokasi Waduk Jatigede memiliki potensi wisata. Beberapa titik lokasi pada kawasan besisir Waduk Jatigede memiliki daya tarik yang begitu besar untuk para pengunjung. Seperti halnya yang terdapat pada lokasi puncak damar, Desa Paku Alam, Kecamatan Darmaraja. Yang mempunyai letak geografis yang begitu mendukung untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Pada hal ini, wisata Jatigede sudah jelas terlihat, mana yang memiliki potensi dapat menarik banyak wisatawan. Serta yang masih perlu untuk dipertimbangkan. Keadaan pada tempat ini memang masih perlu terdapat pembugaran serta penataan yang sangat maksimal guna menambah daya tarik tempat wisatanya.


Puncak Damar Jatigede Sumedang termasuk sebuah nama pada kawasan wisata alam atau wana wisata. Yang telah dikelola dan dikembangkan oleh Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Sumedang. wisata alam ini dikembangkan bersama dengan digenanginya bendungan atau waduk Jatigede. Jadi, selain menyuguhkan keindahan alam pegunungan pada wilayah Puncak Damar, juga menyuguhkan keindahan dari hamparan bendungan Jatigede pada sebelah timurnya. Tempat wisata baru ini sedang hits dan menjadi incaran para pecinta wisata alam.

Lokasi Puncak Damar Jatigede Sumedang

Puncak Damar Jatigede terletak di kawasan ketinggian Puncak Damar Desa Paku Alam di Kecamatan Darmaraja. Bertepat di hutan petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar. Lokasinya berada di kawasan hutan RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar masuk kawasan administratif Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Berada di koordinat S : 6°52’13.50”  E : 108°3’38.64”. Untuk mencapai Lokasi Puncak Damar Jatigede bisa melewati akses Jalan kawasan hutan serta jalan  Desa Pakualam Situraja. Wisatawan bisa mengendarai sepeda, motor, atau mobil. Saat hari libur dan malam Minggu tempat wisata ini pada umumnya sangatlah ramai.Untuk lebih jelas lokasinya, Anda bisa melihat lokasinya di google maps berikut ini.

 

Pengelolaan Puncak Damar


Pada pengelolaan wisata alam Puncak Damar Jatigede ini, Perhutani KPH Sumedang tidak sendiri dalam mengerjakannya. Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Paku Alam Desa Paku Alam juga ikut serta dalam proses pembangunannya. Hal ini ditandai dengan sudah adanya Perjanjian Kerjasama (PKS) pada rangka pengelolaan Wisata alam Puncak Damar Jatigede ini. Dengan terdapatnya kerjasama pengelolaan Wisata Puncak Damar Jatigede dari Perum Perhutani KPH Sumedang dengan LMDH Paku Alam diharapkan menjadi langkah awa lmula yang baik untuk membangun sinergitas. Antara Perum Perhutani bersama stakeholder guna mengoptimalkan pemanfaatan hutan supaya tetap lestari dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terdapat pada sekitar tempat wisata Puncak Damar Jatigede.

Rute Menuju Puncak Damar Jatigede

Rute Puncak Damar Jatigede bisa diakses melewati jalan kawasan hutan serta jalan Desa Paku Alam - Situraja. Wisatawan yang hendak berkunjung ke Wisata Puncak Damar dapat dengan kendaraan yang berupa sepeda motor atau mobil. Di wisata ini terdapat fasilitas lahan parkir untuk motor serta mobil yang berada sekitar 50 meter sebelum di pintu masuk. Pada area Wana Wisata Puncak Damar Jatigede, wisatawan dapat menikmati lesehan di berbagai shelter. Terdapat juga fasilitas lain seperti Gazebo, Camping Ground, Outbound serta lokasi bermain anak-anak, mushola kecil dari kayu yang kesannya alami. Di tempat ini  juga tersedia toilet yang bersih.

Harga Tiket Masuk Puncak Damar Jatigede

Untuk para wisatawan yang memasuki wilayah Wana Wisata Puncak Damar Jatigede ini diharuskan membayar biaya masuk sebesar Rp.4.000. Harga tiket masuk Puncak Damar Jatigede ini hanya untuk kunjungan biasa. Untuk yang membawa kendaraan terdapat tambahan untuk biaya parkir sebesar Rp.5.000. Sedangkan untuk kendaraan mobil dan Rp.2.000 untuk kendaraan sepeda motor.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar